Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis)

Bisyri Abdul Karim

Abstract


Diskursus pendidikan Perguruan Tinggi era 4.0 mengemuka hingga akhir tahun 2019 seakan hilang ditelan Covid-19. Realitas tersebut mendorong penulisan ini mengulas situasi pendidikan Perguruan Tinggi 4.0 dalam era pandemi Covid-19. Berdasarkan analisis secara reflektif sosiologis dapat disimpulkan bahwa; Pertama; pendidikan Perguruan Tinggi era 4.0 merupakan gagasan transformasi sistem pendidikan tinggi menuju digitalisasi melalui resistematisasi kurikulum akademik yang kompetibel dengan lapangan kerja industri yang mendorong desain kebijakan pengembangan disiplin ilmu dan program studi menuju Cyber University yang dapat menawarkan model pembelajaran daring distance learning dengan dukungan sumber daya dosen yang profesional, responsif dan mampu melakukan terobosan riset. Dan, kedua; pandemi Covid-19 telah menjadi koreksi penting yang menunjukkan kelemahan utama gagasan besar sistem digitalisasi kampus atau Cyber University dan sistem pembelajaran daring distance learning karena sarana sistem jaringan telekomunikasi Indonesia belum merata. Meskipun demikian, terdapat dinamika positif selama pandemi yakni terciptanya ruang akademik virtual bagi dosen dan mahasiswa melalui webinar dalam skala terbatas serta terjadi peningkatan literasi digital yang masif di daerah dengan akses jaringan yang memadai.

Keywords


Pendidikan; Perguruan Tinggi 4.0; Covid-19;

Full Text:

PDF

References


Djaman, Fahri. 2020. “Jatuh dari Menara Masjid, Mahasiswa Unhas Meninggal Usai Cari Sinyal Internet untuk Kuliah Online” (Berita, 8 Mei 2020 17:25 WITA) Diakses di https://makassar.terkini.id/ pada tanggal 7 Juni 2020.

Djumransjah, M. 2004. Filasafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

Ishak. 2020. “Demi Kuliah Online, Nyawa Mahasiswi Unismuh Melayang” (Berita Peristiwa, Kamis, 9 April 2020 14.45) Diakses dari https://fajar.co.id/ pada tanggal 7 Juni 2020.

Iswan dan Herwina. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Millenial IR. 4.0” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018 ISSN : 2621-6477

Olla, Kevin. 2019. “Era Revolusi Industri 4.0: Semua Hal Yang Perlu Kamu Ketahui”. Artikel. Diakses di https://www.jagoanhosting.com pada tanggal 7 Juni 2020.

Triyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Salinan. Diakses di http://simkeu.kemdikbud.go.id/ pada tanggal 7 Juni 2020.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Salinan. Diakses di https://lldikti8.ristekdikti.go.id pada tanggal 7 Juni 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bisyri Abdul Karim

___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN 2720-9156
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Emai : eljour@umi.ac.id / ansharbbs@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats