Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia

Abd Rahim Mansyur

Abstract


Pembelajaran merupakan instrumen penting mencerdaskan kehidupan Bangsa. Sebagai suatu sistem penting dalam pendidikan, pembelajaran diselenggarakan sebagai ruang interaksi terbangunnya relasi guru dan peserta didik mengembangkan potensi kognitif, psikomotorik dan afektif. Hal ini harus didukung dengan dinamika pembelajaran yang berjalan secara efektif dan suasana belajar internal yang membuat peserta didik tertarik belajar.        Pembelajaran juga dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti dengan adanya wabah Covid-19. Realitas menunjukkan bahwa dinamika pembelajaran di Indonesia saat ini terganggu oleh wabah Covid-19 yang memberikan dampak diantaranya; 1) sekolah dialihkan ke rumah melalui proses pembelajaran daring; 2) terjadi transformasi media pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan Wathshap Group, Zoom, Google Classroom, WebEx, Youtube, dan saluran TV (TVRI); 3) penyesuaian metode pembelajaran; 4) penyesuaian evaluasi pembelajaran untuk penentuan standar kenaikan kelas dan kelulusan; dan 5) tuntutan kolaborasi orangtua peserta didik di rumah sebagai pengganti guru mengontro pembelajaran anak.

Keywords


Dampak Covid-19; Dinamika Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arifin. 2007. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghofir dkk, Zuhairini Abdul. 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

Ibrahim, R. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rienaka Cipta.

Mendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), salinan, diakses dari google.com

Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardirman. 2004. Interaksi dan Motifasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan (terj. Tri Wibowo). Jakarta: Kencana.

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Winkel, W. S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abd Rahim Mansyur

___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN 2720-9156
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Emai : eljour@umi.ac.id / ansharbbs@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats