Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivistik Ala To Ugi’ (Analisis Kasus di SD Negeri Lalabata Kec.Tanete Rilau Kab. Barru)

Subaedah Subaedah, Andi Banna

Abstract


Penelitian bertujuan mengembangkan Model Pembelajaran Konstruktivistik Berbasis Ala To Ugi’ (PATU’) di Sekolah Dasar Negeri Lalabata Kecamatan Tanete Rilau kabupaten Barru. Jenis penelitian adalah research and development (R&D). Penelitian dilakukan dengan tahapan: 1) menganalisis tingkat kebutuhan peserta  didik terhadap model pembelajaran konstruktivistik berbasis ala to ugi’ (analisis kasus), 2) mendesain pengembangan model pembelajaran (research and development), 3) menghasilkan produk model pembelajaran konstruktivistik berbasis ala to ugi’ (ditinjau dari segi ke-validan, ke-praktisan, ke-efektifan). Analisis data menggunakan deskrifptif kualitatif kuantitatif dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) analisis tingkat kebutuhan peserta didik terhadap model pembelajaran konstruktivistik ala to ugi’ sangat dibutuhkan dalam memperbaiki karakter peserta didik mengingat pergeseran nilai-nilai moral sangat memprihatinkan, 2) desain pengembangan model pembelajaran terdiri dari: sintak  = 3.77 (sangat valid), teori pendukung  = 3.6 (sangat valid), Sistem Sosial  = 3.68 (sangat valid), Sistem Reaksi (prilaku guru)  = 3.78 (sangat valid), Sistem Pendukung  = 3.35 (valid), Dampak Instruksional dan Dampak Pengiring  = 3.67 (sangat valid), Pelaksanaan Pembelajaran  = 3.6 (sangat valid), Lingkungan Belajar dan Tugas-Tugas pengelolaan  = 3.75 (sangat valid), Evaluasi  = 3.55 (sangat valid). Hasil analisis desain model PATUl nilai ∑ = 3.64 dapat dikatakan model PATU’ memiliki kriteria SANGAT VALID. Hasil analisis uji coba.


Keywords


Model; Pembelajaran; Konstruktivistik; Ala To Ugi’

Full Text:

PDF

References


Chujaemah Nurul, Yuliana Septi, Utaminingsi Suci, (2012) ”Penggunaan Pendekatan Konstruktivistik dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang”. nurulchujaemah@yahoo.co.id

Goleman Daniel, (2011), Emotional Intellegence (Kecerdasan Emosional, Mengapa EI lebih penting dari EQ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Lickona Thomas, (2013). Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara

Mulyatiningsi Endang, (2013). ”Analisis Model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak, Remaja, dan Dewasa”. endang_mulyati ningsi@yahoo.com

Mulyatiningsih Endang, (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alphabeta

Setyosari Punaji, (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sukardi, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Prakteknya). Jakarta: Bumi Aksara

Sultoni Ahmad, Hilmi Saufan Hubbi, (2013). Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Kebangsaan menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. ahmadsultoni31@yahoo.co.id

Suastra I Wayan, (2013). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal dalam Mengembangkan Potensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal Bali di SMP Negeri. iwayansuastra61@gmail.com

Warpala Sukara I Wayan, Subagia I Wayan, Suastra I Wayan. (2010). ”Pengembagan Bahan ajar Berbasis Kearifan Lokal untuk Mata Pelajaran Sains SMP”, dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 4, No. Desember

Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Subaedah Subaedah, Andi Banna

___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN 2720-9156
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Emai : eljour@umi.ac.id / ansharbbs@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats