Pengembangan Model Pembelajaran Konstruktivistik Ala To Ugi’ (Analisis Kasus di SD Negeri Lalabata Kec.Tanete Rilau Kab. Barru)
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan Model Pembelajaran Konstruktivistik Berbasis Ala To Ugi’ (PATU’) di Sekolah Dasar Negeri Lalabata Kecamatan Tanete Rilau kabupaten Barru. Jenis penelitian adalah research and development (R&D). Penelitian dilakukan dengan tahapan: 1) menganalisis tingkat kebutuhan peserta didik terhadap model pembelajaran konstruktivistik berbasis ala to ugi’ (analisis kasus), 2) mendesain pengembangan model pembelajaran (research and development), 3) menghasilkan produk model pembelajaran konstruktivistik berbasis ala to ugi’ (ditinjau dari segi ke-validan, ke-praktisan, ke-efektifan). Analisis data menggunakan deskrifptif kualitatif kuantitatif dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) analisis tingkat kebutuhan peserta didik terhadap model pembelajaran konstruktivistik ala to ugi’ sangat dibutuhkan dalam memperbaiki karakter peserta didik mengingat pergeseran nilai-nilai moral sangat memprihatinkan, 2) desain pengembangan model pembelajaran terdiri dari: sintak  = 3.77 (sangat valid), teori pendukung  = 3.6 (sangat valid), Sistem Sosial  = 3.68 (sangat valid), Sistem Reaksi (prilaku guru)  = 3.78 (sangat valid), Sistem Pendukung  = 3.35 (valid), Dampak Instruksional dan Dampak Pengiring  = 3.67 (sangat valid), Pelaksanaan Pembelajaran  = 3.6 (sangat valid), Lingkungan Belajar dan Tugas-Tugas pengelolaan  = 3.75 (sangat valid), Evaluasi  = 3.55 (sangat valid). Hasil analisis desain model PATUl nilai ∑ = 3.64 dapat dikatakan model PATU’ memiliki kriteria SANGAT VALID. Hasil analisis uji coba.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chujaemah Nurul, Yuliana Septi, Utaminingsi Suci, (2012) â€Penggunaan Pendekatan Konstruktivistik dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruangâ€. nurulchujaemah@yahoo.co.id
Goleman Daniel, (2011), Emotional Intellegence (Kecerdasan Emosional, Mengapa EI lebih penting dari EQ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Lickona Thomas, (2013). Educating for Character (Mendidik untuk Membentuk Karakter). Jakarta: Bumi Aksara
Mulyatiningsi Endang, (2013). â€Analisis Model Pendidikan Karakter untuk Usia Anak, Remaja, dan Dewasaâ€. endang_mulyati ningsi@yahoo.com
Mulyatiningsih Endang, (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alphabeta
Setyosari Punaji, (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sukardi, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Prakteknya). Jakarta: Bumi Aksara
Sultoni Ahmad, Hilmi Saufan Hubbi, (2013). Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Kebangsaan menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. ahmadsultoni31@yahoo.co.id
Suastra I Wayan, (2013). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal dalam Mengembangkan Potensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal Bali di SMP Negeri. iwayansuastra61@gmail.com
Warpala Sukara I Wayan, Subagia I Wayan, Suastra I Wayan. (2010). â€Pengembagan Bahan ajar Berbasis Kearifan Lokal untuk Mata Pelajaran Sains SMPâ€, dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 4, No. Desember
Zubaedi, (2012). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Subaedah Subaedah, Andi Banna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Education and Learning Journal indexed by:
___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN:Â 2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: eljour@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
View My Stats