Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS. Darussalam Impa-Impa

Yusril Ihza Mahendra, Andi Bunyamin, Ratika Nengsi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode hypnolearning terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Darussalam Impa-Impa Kabupaten Wajo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darussalam Impa-Impa tahun pelajaran 2019/2020 semester genap sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Penelitian dilaksanakan memalui lima tahapan yaitu , Identifikasi Masalah , Tes Diagnostik , klasifikasi kelas, Hypnoterapi/Hypnolearning,, Tes Prestasi, Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,  tes, angket, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari analisis kuantatif adalah pengaruh yang signifikan antara metode hypnolearning dengan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa arab yang ditandai dengan siswa memperhatikan penjelasan pada saat kegiatan belajar mengajar, keatiktifan dalam bertanya, berani menyampaikan pendapat, antusias mengerjakan tugas , serta kemampuan dalam menjawab pentanyaan dengan persentase prestasi belajar 82,6 %. jadi isimpulkan bahwa terpengaruh yang signifikan metode Hynolearning pada prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTs Darussalam Impa-Impa Kabupaten Wajo.

Keywords


Hypnolearning; Prestasi Belajar;Belajar Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Abbas ibnu Rustan, Dahsyatnya Spiritual Hypnolearning,Emir:2016

Bahri Syaiful, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya.Usaha Nasional, 2017

Dahar Wilis Ratna, Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung.Erlangga,2011

Damopoli Mulyono, Pedoman Karya Tulis Ilmiah Makassar. Alauddin Press, 2013

Fahuddin Syukri, Hypno NLP dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta.deepublish, 2018

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus. Sukabumi.CV Jejak.2017.

Hasbullah &Rahmawati,E.Y. Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Formatif. .2015

Hidayat Junaidi, Bahasa Arab 3.Bogor.Yudistira,2016.

Madiah Noor Fitriyana, Penerapan Hypnoteaching untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah edupreneurship.Yogyakarta.2015

Mahardika Deni, Menerapkan Hypno Studying, Yogyakarta.Diva Press, 2015.

MIF. Baihaqi. Drs., M.Si, Et.al, Psikiatri Konsep Dasar dan Gangguan-Gangguan, Bandung. Revika Editama. 2019.

Miftakhurozak.2018.Implementasi Metode Hypnoteaching Dalam Pembelajaran FAI.Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam.,Vol. 6.

Mokhtar Masrurah,Et.al, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi Makassar.La Macca Press. 2015.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora. 2015

Izuddin Mustafa & Hermawan Acep, Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung:Remaja Rosdakarya.2018

Pilang, Abd. Rahman. Metodologi Penelitian. Makassar. Badan Penerbit UNM. 2013

Rosyid Zaiful Muh,Et.Al , Prestasi Belajar, Malang.Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Rusdianto. Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta. Laksana.2018

Saifuddin Mahmud, Strategi Belajar Mengajar, Banda Aceh, Syiah Kuala Press. 2017.

Syafril, Statistik Pendidikan, Jakarta:Prenamedia, 2019

Taufik Wildan , Metode Penelitian Bahasa Arab,.Bandung:Refika Aditama.2018

Ula Shoimatul.S, Revolusi Belajar, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.2013.

Widiasworo Erwin, Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk skripsi dan tesis,Yogyakarta,Araska:2019.

Yudistira Yuan, Kekuatan Pikiran Alam Bawah Sadar,Jakarta:Gramedia,2019

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.2014

Zulifan, Muhammad. Bahasa Arab Untuk Semua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusril Ihza Mahendra, Andi Bunyamin, Ratika Nengsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats