Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar)

Ratika Nengsi, Abdul Malik, Andi Fadilah A Natsir

Abstract


Kajian tentang kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran adalah hal penting untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, hasil penelitian yang telah di laksanakan, maka peneliti dapat menyimpulkan hasil deskriptif penelitiannya dalam dua hal, yaitu perilaku siswa yang mengalami slow learner dalam pembelalajaran adalah lambatnya peserta didik slow learner dalam memahami suatu materi yang dijelaskan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan temannya yang lain sehingga target-target pencapaian pembelajaran ada yang tidak dapat tercapai. Selain itu kefokusan dari peserta didik slow learner  yang sulit dan membutuhkan waktu untuk membuat fokus di awal pembelajaran. efektivitas strategi yang digunakan guru dalam mengatasi slow learner pada peserta didik MTsN Makassar adalah guru melakukan  pembelajaran kelompok, melakukan tutor sebaya antar peserta didik, pemberian penguatan, pendekatan khusus seperti privat khusus, pemberian nasehat dan motivasi kepada peserta didik yang mengalami slow learner. Adapun faktor pendukung yang di rasakan oleh guru dalam mengatasi slow learner pada peserta didik, yaitu ikatan yang terjalin antar peserta didik sangat baik, sehingga memudahkan guru dalam melakukan strateginya. Selain itu kemauan belajar dan partisipasi dari peserta didik itu sendiri yang menjadi salah satu faktor pendukung. Selain faktor pendukung ada pula faktor penghambat yang di hadapi oleh guru dalam mengatasi slow learner pada peserta didik di MTsN Makassar, yaitu keterbatasan waktu.

Keywords


agi Guru; Peserta didik; slow learner

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

A, Jenkins. dkk, Teaching In Higler Education. New York : Abigon, 2007.

Atwi Suparman, M. Desain Intruksional Modern Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidkan. Jakarta : Erlangga, 2012.

A, Pribadi, Benny. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat, 2011.

Hadi, Ahmad & Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia, 2005.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2008.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pres, 2008.

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2009.

______. Persfektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana, 2009.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2009.

Mardapi, Djamari. Teknik Penyusun Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta : Mitra Cendikia Offset, 2008.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pres, 2013.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2013.

Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik. Jakarta : Rajawali Pres, 2012.

Suryarata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v2i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ratika Nengsi, Abdul Malik, Andi Fadilah A Natsir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Education and Learning Journal
ISSN2720-9156
Published by: Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email : eljour@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View My Stats