Peran Media dalam Berdakwah di Era Moderen

Syamsuriah Syamsuriah

Abstract


Urgensi media komunikasi di era moderen, sangat signifikan dalam menyampaikan pesan-pesan agama karena pesan yang disampaikan dapat diterimah secara bersamaan. Media yang sangat moderen dan canggih, antara lain media sosial, youtube, intagram,  internet dan elektronik, hal ini memudahkan para pendakwah menyampaikan pesan agama lebih efektif dan efiesien, hal ini juga harus ditunjang penguasaan tekhnologi yang berkaitan dengan media moderen. Dakwah lebih cepat sampai kepada sasarannya berkat media yang ada sekarang, tetapi kelihaian para pendakwah mempergunakan media  dituntut untuk tidak berhenti mempelajari teknologi moderen agar bisa mengusainya, sehingga pesan-pesan Agama dapat disampaikan kepada khalayak ramai atau lebih dikenal obyek dakwah. Zaman sekarang masyarakat lebih condong mencari Ilmu pengetahuan melalui jejaring sosial, hal inilah mengharuskan para penyampai pesan-pesan agama lebih lihai mempergunakan peluang ini untuk menyampaikan pesan-pesan dakwahnya.

Keywords


dakwah, peran media

Full Text:

PDF

References


(https://id.m.wikipedia.org,wiki)

Abdullah, Dzikron.. Metodologi Dakwah. Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 1989

Amin, M. Masyhur, Dakwah Islam dan Pesan Moral, Jakarta : Al Amin Press, 1997.

Amin, Samsul Munir. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah, 2009.

Ansari Isa, Mujahid Dakwah. Bandung :CV. Diponegoro, 1979

Hakiki, Rizki. Dakwah di Media Sosial (Etnografi Visual Pada Fanpage Facebook KH. Abdullah Gymnastiar). Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2016.

Kaplan, Andreas, dan Michael Haenlein, ”Users of the word, Unitel Thecallenges and opportunities of Sosial Media “Business Horizoons,2010

Karlinah, Siti, Elvinaro Ardianto, Lukiati Komala. Komunikasi Masa Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2014

Kurniawan, Agung, Trsnformasi Pelayanan Publik, Yokyakarta.,Pembaharuan,2005

Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana.

Rahmani, Tnea.Penggunaan Media Sosial sebagai Dasar-Dsar Fotografi ,Skrpsi Universitas RNegeri Sunan Klijaga, 2016

Saputra, wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta PT. Raja Grafindo Persada,2012

Syukir Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya : Al Ikhlas, 1983

Tasmara, Toto, Komunikasi dakwah Jakarta : Penerbit Gaya media Pratama,1997.

Wahid, Fatul. E-Dakwah: Dakwah Melalui Internet. Yogyakarta: Gava Media, 2004

Yaqub Hamzah, Publisistik Islam. Bandung : Diponegoro, 1983

Zarella, Dan. The Social Media Marketing Book. Canada: O’Relly Media, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v17i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Syamsuriah Syamsuriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
W : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
E : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats