Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam meningkatakan Kecerdasan Spiritual siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs DDI Galesong Baru Makassar
Miftahul Jannah, Ahmad Hakim, Ilyas Umar
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasimodel pembelajaran Value Clarification Technique(VCT)dimana model pembelajaran ini belum pernah diterapkan oleh guru pengampu kelas VIII MTs DDI Galesong Baru Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Value Clarification Technique(VCT)dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs DDI Galesong Baru Makassar.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu Observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui langkah-langkaha yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yaitu : Kondensasi data ( Data Condensasions), penyajian data (Data Display)dan memverivikasi kesimpulan (Verifying Conclusions)yang diperoleh dari penelitian untuk ditarik kesimpulan yang masuk akal.Adapun yang menjadi Subjek Penelitian yaitu kelas VIII MTs DDI Galesong Baru Makassar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Impelentasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki pengaruh yang besar terhadap kecerdasan Spiritual siswa, ditinjau dari perolehan hasil tes uji validasi. Dari analisis tersebut diperoleh nilai Kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh peserta didik sudah menunjukkan peningkatan yang baik. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT) memperoleh nilai 70,00 dan setelah penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT)nilai rata-rata yang diperolehpada Siklus I sebesar 85,00 dan pada Siklus II sesar 97,00.
Keywords
Model Pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT), Kecerdasan Spiritual Siswa
___________________________________________________________ Jurnal Ilmiah Islamic Resources p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172 Published by Universitas Muslim Indonesia Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources Email : islamicresources@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0