PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP POLA BELAJAR GENERASI Z PADA MATA PELAJARAN SAINS

Subaedah Amir, Maryam Ismail, Yusri Muhammad Arsyad, Andi Banna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran terhadap pola belajar generasi Z (generasi lahir tahun 1997-2012). Generasi Z dikenal dengan skill digital yang bagus dan sangat tinggi serta pola belajar yang berbeda dengan generasi sebleumnya, namun tetap memiliki permasalahn dalam belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Ketergantungan Generasi Z terhadap Perangkat Teknologi, 2) Bagaimana pola belajar Generasi Z saat ini, 3) Bagaimana Motivasi Belajar Generasi Z terhadap Peningkatan Belajar Sains, 4) bagaimana pengaruh Model Pembelajaran terhadap Pola Belajara Generasi Z. Dalam artikel ini yang dimunculkan adalah fokus masalah pertama yakni bagaimana pola belajar generasi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan pola belajar generasi Z tanpa merubah kondisi yang ada. Penelitian ini mengumpulkan informasi tentang kebiasaan belajar, preferensi model pembelajaran, motivasi belajar, dan pengaruh model pembelajaran serta tantangan yang dihadapi generasi Z dalam pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi Z sangat tergantung pada teknologi dan pembelajaran banyak dipengaruhi oleh sumber dan media pembelajaran yang berbasis jaringan. Kebiasaan belajar cenderung pada pembelajaran mandiri (Self-Directed Learning) dalam konteks digital, disebabkan adanya basis jaringan yang mudah diakses dan tanpa batas, pembelajaran praktis dan tidak menggunakan waktu yang lama. Model pembelajaran yang inovatif, seperti pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning, problem solving, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pola belajar generasi Z, baik dalam penyerapan/pembaruan informasi maupun dalam pengembangan skill (keterampilan). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya ketidak fokusan generasi Z dalam belajar disebabkan beberapa faktor salah satunya adalah pengaruh media sosial yang lain yang tidak terkait dengan pembelajaran.

Keywords


Generasi Z, Model Pembelajaran, Teknologi,Pembelajaran Sains

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2018 Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Hamer, W. (2022). Memahami pola belajar generasi Z sebagai dasar pengembangan media pembelajaran

IPS di IAIN Metro. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 175183. https://doi.org/10.30653/003.202281.231

Hastini, L. Y., Fahmi, R., Lukito, H., Program, M., Ilmu, D., & Unand, M. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 1228. https://doi.org/10.34010/JAMIKA.V10I1.2678

Hati, A. P., & Winardi, R. D. (2020). Perbandingan efektivitas antara metode pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran tradisional terhadap tingkat pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam perkuliahan pengauditan II. Repository UGM. https://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/100985

Hidayatulloh, F. S. (2023). The relationship between workload, human resources planning, and teacher performance. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 128139. https://doi.org/10.51454/JET.V4I1.231

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2021). Peningkatan kualitas pembelajaran guru melalui model dan media pembelajaran bagi generasi Z. Warta LPM, 23(1), 5462. https://doi.org/10.23917/WARTA.V23I1.9106

Mustika, A. Y., Amalia, M. R., Aulia, M. H., Putri, N. M., Alam, N. G., Amri, S. A., Syifani, S. S., Azzahra, S. P., & Aisyah, U. K. (2023). Penggunaan artificial intelligence (AI) dalam proses kegiatan belajar di mata kuliah IPA dasar mahasiswa pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analis, 3(1), 112122. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/analis/article/view/703




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v22i1.1407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Subaedah Amir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88