Manajemen Pembinaan Santri Tahfizh Al-Qur’an

Samad Baso, Andi Banna

Abstract


Lokasi ini menjadi sasaran penelitian karena lembaga ini adalah lembaga Tahfizh tertua dan representatif di Indonesia bagian timur. Bahkan lembaga inilah yang menjadi induk dan terbanyak mencetak alumni Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan sehingga lembaga ini dianggap sebagai simbol berkah. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah trilogi manajemen pembinaan santri Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan. Kegunaan penelitian ini adalah dapat menjadi bahan masukan bagi pemerintah dalam pembinaan santri Al-Qur’an Lafzhan dan menjadi barang berharga bagi masyarakat umum yang terjebak dalam runtinitas kehidupan dan lupa tanggungjawabnya terhadap pembinaan Pendidikan Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini: (1) memakai pendekatan kualitatif-deskriptif; (2) menggunakan purposive sampling. Adapun unit analisis penelitian ini adalah trilogi pelakasanaan manajemen pembinaan santri Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jejak langkah trilogi manajemen pembinaan santri Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan di lembaga ini agak unik. Dari kajian ini ditemukan beberapa poin yang menarik: (1) kegiatan tumbuh dalam kultur yang diwarisi oleh pengawal teks Al-Qur’an yakni tradisi proses belajar talaqqy; (2) tradisi daras 40 kali minimal yang bertujuan mengamati letak waqaf dalam ayat dan tulisan-tulisannya dalam mushhaf. Untuk kesempurnaan pembinaan santri Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan maka peneliti mengharap kepada: (1) pemerintah khususnya Kementerian Agama untuk membuat kebijakan tentang pembinaan santri Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan yang representatif; (2) pengusaha besar khususnya turut berpartisipasi dalam pengembangan fisik materil lembaga Tahfizh Al-Qur’an Lafzhan.

Keywords


Trilogi manajemen; pembinaan santri

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Hafalan. 2014. Jakarta: Menara Kudus.

Abdurrahman, Maman dan Sambas Ali Muhidin. 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Cet. I. Bandung: Pustaka Setia.

Baso, Abd. Samad. 2013. Motivasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Imam ‘Ashim Tidung Mariolo Makassar (Tesis).

Baso, Abd. Samad dan Salim Hasan. 2017. Problematika Santri Tahfizh Al-Qur’an di Pesantren As’adiyah Pusat Sengkang Kabupaten Wajo. Dalam jurnal Islamic Resources Volume XIV NO. 47. JILFAI-UMI/VII/2017.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail. 1950. Shahi Bukhari. Kairo: Mustafa Al-Halabi Araby

Fikri, Ahsanul. 2012. Anak-Anak Penjaga Wahyu. Klaten: Pustaka Ausat.

Al-Ghazali, Syaikh Muhammad. 2008. Kayfa Nata’amalma’al-Qur’an. terjemahan Masykur Hakim dan Ubaidillah dengan judul Al-Qur’an Kitab Zaman Kita. Cet. I. Bandung: Mizan Pustaka.

Al-Kahil, Abdul Daim. 2013. Thariqah Ibda’yah li Hifdzi Al-Qur’an Al-Karim. terjemahan Hawin Murtadha dengan judul Menghafal AL-Qur’an Tanpa Guru. Cet. II. Surakarta: Mumtaza.

Konst, et. Al. 1996. Manajemen. Jakarta: Erlangga, 1996.

Langko, Syahrir. 2019. International of Social Science Education Management of Tahfizh Al-Qur’an in Sulawesi. Vol. 71 No. 1.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2012. Psikologi Kependidikan. Cet. XI. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Martan, Rafii Yunus. 2009. Pengembangan Tahfizh Al-Qur’an (Pengalaman PP As’adiyah Pusat Sengkang). Makalah dibacakan dalam Workshop Pengembangan Institusi Tahfidzhul Qur’an. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XX. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shihab, Quraish. 2005. Tafshir Al-Mishbah. Jil. II. Tangerang: Lentera Hati.

-------------------. 2005. Tafshir Al-Mishbah. Jil. I. Tangerang: Lentera Hati.

Subair, Muh. 2016. Agh. Huzaifah; Membangun Tradisi Menghafal Al-Qur’an Huffadz Pesantren Al-Junaediyah Biru Bone dalam Berguru Kepada Ulama oleh Idham, dkk. Cet. I. Makassar: Cahaya Mujur Lestari.

Suharsono. 2004. Melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Depok: Inisiasi Pres.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. 27. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Cet. I. Bandung: RosdaKarya.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusus, Muhammad bin Abdurrahman. 2013. 3 Tahun Hafal Al-Qur’an. Cet. I. Yogyakarta: Sabil.

Yusuf, Muhammad Bunyamin. 2011. KH. As’Ad Bin KH. Abd. Rasyid Al-Buqisy Perintis Ulama Hafizh di Sulawesi Selatan 1907-1902 dalam Para Penjaga Al-Qur’an oleh Muhammad Shahib. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushab Al-Qur’an.

---------------------------. 2011. KH. Sa’id Isma’il (1891-1954) Sampag, Madura dalam Para Penjaga Al-Qur’an oleh Muhammad Shahib. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushab Al-Qur’an.

Zen, Muhaimin. 1996. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an Al-Karim. Jakarta: Al-Husnah Zikra.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v16i2.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Samad Baso, Andi Banna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88