Group Investigation Desain Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Dalam Mata Kuliah Analisis Materi Pendidikan Agama Islam

Ratika Nengsih, Andi Fadhilah

Abstract


Mahasiswa adalah jabatan peserta didik tertinggi dalam sebuah lembaga pendidikan formal. Mereka adalah kaum intelektual yang terhormat yang memperjuangkan masa depan. Dalam tingkatan ini mahasiwa menemui banyak individu sebagai rekan belajar, berbagai pengajar sebagai dosen dan berbagai bidang ilmu sebagai bekal meraih cita-cita. Maka wajarlah jika mahasiswa memiliki pemahaman dan wawasan yang luas kaitannya dengan masyarakat, bangsa dan negara. Terkhusus dalam mengananilisis materi pendidikan Islam di sekolah mahasiswa pendidikan harus lebih memahami dan kreatif agar menjadi output mahasiswa pendidikan yang inovatif dan melihat celah dan muatan materi yang lebih positif bagi peserta didiknya, apalagi dalam hal penerapan metode dan model belajar yang kreatif yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada mata kuliah Analisis Materi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa dengan di tandai meningkatnya prestasi belajar teori dan dapat juga meningkatkan keterampilan praktik mereka secara individu maupun kelompok.  Peningkatan tersebut dapat kita lihat pada peningkatan rata- rata yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II.  Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, dengan rata-rata pada observasi awal yaitu 48,00 %. observasi pada siklus I menjadi 52,16 %, dan pada siklus II  menjadi 74,33 %. Peningkatan hasil belajar pada siklus teori kondisi awal yaitu 56,7 setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 63 dan pada akhir  siklus II terjadi peningkatan menjadi 73 Hal ini membuktikan bahwa  adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan  hasil belajar teori tes materi MK Analisis Materi Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

A, Jenkins. dkk, Teaching In Higler Education. New York : Abigon, 2007.

Atwi Suparman, M. Desain Intruksional Modern Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidkan. Jakarta : Erlangga, 2012.

A, Pribadi, Benny. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat, 2011.

Alhadi. 2011. Pembelajaran Interaktif Sistem Pemindah Tenaga berbasis Multimedia pada Jurusan Otomotif di SMK Taman Karya Madya Teknik Kebumen.

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Daryanto. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta : Gava Media, 2013.

Hadi, Ahmad & Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia, 2005.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2008.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pres, 2008.

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2009.

Persfektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana, 2009.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2009.

Mardapi, Djamari. Teknik Penyusun Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta : Mitra Cendikia Offset, 2008.

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2009.

Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : CV. Novindo Pustaka Mandiri, 2009.

Ridwan. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfa Beta, 2010.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pres, 2013.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2013.

Sudjiono, Anas, Pengantar Statistik. Jakarta : Rajawali Pres, 2012.

Suryarata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v16i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ratika Nengsih, Andi Fadhilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot88 resmi

___________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Islamic Resources
p-ISSN 1412-3231; e-ISSN 2720-9172
Published by Universitas Muslim Indonesia
Web : http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources
Email : islamicresources@umi.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



View My Stats

scatter hitam

daftar slot gacor

Situs togel

slot gacor slot88