Efektivitas Penggunaan Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik

Nurmi Nurmi, Nur Faridah, Muh. Aidil Sudarmono R

Abstract


Penelitian ini fokus pada penerapan metodeDrill And Practicedalam meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas X.4 di MAN Pangkep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peningkatan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk menilai efektivitas metode pembelajaranDrill And Practicedalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas X.4 di MAN Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan fokus pada siswa kelas X.4 MAN Pangkep yang berjumlah 27 orang. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus perhitungan persentase dan nilai rata-rata, baik untuk menganalisis lembar aktivitas siswa maupun tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab dan untuk mengukur ke efektivan matodeDrill And Practice.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penelitian dimulai, pada siklus I, dilakukan tes untuk menilai kemampuan awal peserta didik, yang kemudian menunjukkan rata-rata hanya mencapai 62,24%. Pada siklus I, rata-rata kemampuan peserta didik meningkat menjadi 73,77%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,74%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menghafal kosakata peserta didik kelas X.4 MAN Pangkep mengalami peningkatan signifikan melalui penerapan metode pembelajaran latihan dan praktek. Dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaranDrill And Practiceefektif dalam meningkatkan penguasaan kosa kata (mufradat) siswa kelas X.4 MAN Pangkep

Keywords


Efektivitas, Metode Drill And Practice, Penguasaan Kosa Kata.

References


Aini, Nurul. 2013. “Penerapan Metode Drill Dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa MTs Negeri Pundong Bantul.”

Bunyamin, Andi. 2019. “Keterlibatan Orangtua Dalam Mendukung Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” Belantika Pendidikan 1(1): 28–36.

Fajriah, Zahratun. 2015. “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Pengggunaan Media Kartu Kata Bergambar.”

ince prabu. 2022. “Tipe Student Teams Achievement.” 3(1).

Nofrianda, Erliyen, Andri Febriansyah, Agung Setiawan, and Adyanata Lubis. 2023. “Media Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2): 3937–41.

Novantara, Panji. 2018. “Implementasi E-Learning Berbasis Virtual Class Dengan Menggunakan Metode Synchronous Learning Pada Pembelajaran Di Universitas Kuningan.” Buffer Informatika 4(1). http://dx.doi.org/10.25134/buffer.v4i1.1290.

Nurlatifah, Nurlatifah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Metode Drill And Practice Terhadap Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS Darul Hikmah Lenggo-Lenggo Sinjai.”

Nuryatin, Sri. 2020. Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learning Untuk Menghadapi Era New Normal. Center for Open Science. http://dx.doi.org/10.31222/osf.io/zy2r6.

Prayogo, Eko Rahmad. 2022. “Model Pembelajaran Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Expression Of Congratulations Pada Siswa Kelas IX B Di SMP Negeri 2 Bangsalsari Jember.” : 45–55.

Prof. Dra. Herawati Susil, M.Sc., Ph.D DRa. Husnul Chotimah, M.Pd. Yuyun Dwita Sari, S.Pd. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. ed. indro basuki setionno wahyudi, Setyorini, Yuyut dan. jatim jalan puncak yamin no.20, Malang: Bayumedia Publishing.

Purba, Debora, and Alfi Nura. 2022. “Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Medan.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 3(2): 79–95.

R, Muh. Aidil Sudarmoono. 2023. Metode Pembelajaran MI-SD. kota kupang, Nusa Tenggara Timur.

Taringan, Henry Guntur. 2014. “Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa.” 1. https://smartcampus.seskoal.ac.id/elibrary/index.php?p=show_detail&id=2066&keywords=.

Taufik Abdillah Syukur, Siti Rafiqoh. 2022. Pengantar Ilmu Pendidikan. Cet. 1. Patju Kreasi.

Vinarahmah, Aula Rizqi. 2022. “Efektivitas Metode Pembelajaran Drill and Practice Untuk Meningkatkan Kektifan Dan Hasil Beljar Bahasa Inggris Siswa Sekolah.” pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: 298–316.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor