Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII.E Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Nur Syakina.M, Mustamin Mustamin, Abdul Wahab, Martini Martini, Muh. Aidil Sudarmono R.

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Penerapan MetodeSnowball Throwingdalam Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII.E Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPS Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Maroangin Kabupaten Enrekang tujuan penelitian ini untuk mendekskripsikan penerapan metodeSnowball Throwinguntuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII.E di SMPS Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Maroangin Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, Dimana setiap siklusnya terdiri dari dua Pertemuan Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.E di SMPS Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri Maroangin Kabupaten Enrekang dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, tes dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan presentase dan nilai rata-rata (Mean) baik untuk analisis data lembaran aktivitas peserta didik maupun ketuntasan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakuakan Penerapan MetodeSnowball Throwingdengan menggunakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II dapat di ketahui bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII.E pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam mulai dari pra siklus hingga siklus II mengalami peningkatan yaitu sesuai dengan hasil tes yang dilakukan peneliti terhadap perserta didik pada saat proses pembelajaran dikelas, dimana pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 51,87 (sangat kurang) dengan presentase ketuntasan 25%, kemudian di siklus I nilai rata-rata 68,28 (cukup) dengan presentase ketuntasan 59,37% , di siklus II nilai rata-rata adalah 82,5 (baik) dengan presentase ketuntasan 87,5%


Keywords


Metode Pembelajaran; Snowball Throwing; Hasil Belajar

References


Awang, M. S. (2017). Strategi Pembelajaran Tinjauan Umum bagi Pendidik. STKIP Persada khatulistiwa.

Bunyamin, A., Ahmad, & Febriyanti. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Anak Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznas Sul-Sel. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.237

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2014). Belajar & Pembelajaran, Cet.I. Teras.

Hairun, Y. (2020). Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. CV Budi Utama.

Husen, M. Y. (2020). Belajar Aktual Dengan Snowball Throwing Teaching (STT). Jejak Publisher.

Husna Farhana, Awiria, N. M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Ubharaja.

Muliawan. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Ar-Ruzz Media.

Mustamin, Putri, S. N. S., & Pilo, N. (2023). Efektivitas Teknik Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 4(2), 106–113.

Nazah, F. (2020). Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran. Yogyakarta.

Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 100. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153

Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar Cet. VII. Pustaka Pelajar.

Rosmiati, Nengsi, R., & Zulmi. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Education and Learning Journal, 4(2), 90–98. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214http://jurnal.fai@umi.ac.id

Syahid, A., Rosmiati, Abdul Wahab, & Akbar, A. A. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251

Wijaya, R. dan T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Noktah.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel