Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Maharah Qira'ah

Sakinah Sakinah, Ahmad Hakim, Nuraeni Abdullah

Abstract


Media Pembelajaran merupakan komponen paling penting pada sebuah proses belajar mengajar, Pemilihan media pembelajaran yang tepat tentu sangat berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa, pada penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mah?rah Qira`ah Kelas VIII Di SMP IT Al Insyirah Kota Makassar. 2) Untuk mengetahui Apakah Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Efektif Untuk Meningkatkan Pemahaman Makna Yang Terkandung dalam Pembelajaran Mah?rah Qira`ah Kelas VIII Di SMP IT Al Insyirah Kota MakassarMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian merujuk pada peserta didik kelas VIII dengan jumlah peserta didik 21 orang. Metode Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumen. Untuk analisis data dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan menghitung analisis data rata-rata kelas dan analisis data persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan, hal ini dapat dibuktikan sebelum masuk pada siklus I peserta didik diberi lembar tes awal dan memperoleh persentase rata-rata 56,47. Siklus I dan II terjadi adanya peningkatan yaitu pada siklus I persentase rata-rata 69,90 dan di siklus II rata-rata 77,29. Dari analisis tersebut disimpulkan bahwa dalam implementasi media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama meningkatkan keterampilan Mah?rah Qira`ah.


Keywords



References


Asna, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam pendidikan Islam.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. 3, 3.

Bunyamin, A. (2019). Keterlibatan Orangtua Dalam Mendukung Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” Belantika Pendidikan. 1, 28–36.

D.T.P, Y. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. 19, 75–82.

Dan, M. M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. 1085.

Latifatul, N. H. (2020). No Title. VI, 249.

Nugrawiyati, J. (2016). Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah. 194.

Nur Evi, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Untuk Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Pemahaman Budaya Arab. IV, 62.

Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. (2022). Gilang Dan Meilan, 563.

Romelah, N. I. &. (n.d.-a). Implementasi Media Canva Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpq At-Thohiriyah. 61.

Romelah, N. I. &. (n.d.-b). Implementasi Media Canva Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Tpq At-Thohiriyah. 62.

Slameto, S. (n.d.). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. 5, 52.

Teni, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hsil Belajar Siswa. III, 171.

Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. II, 233.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel