Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X.3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur

Igo Adyaksa M, Subaedah Subaedah, Yunus Anwar, Ratika Nengsih

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X. 3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana Gambaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X. 3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur. (2) Untuk strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X. 3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur. (3) untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X. 3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan di analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Peserta Didik Kelas X.3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 7 Luwu Timur ini dikatakan baik karena peserta didik memiliki antusias tinggi dalam mengikutinya. Strategi dalam meningkatkan motivasi belajar yang diterapkan guru PAI meliputi memberikan penguatan dan arahan kepada peserta didik sebelum memulai pelajaran, memanfaatkan media yang sesuai dengan materi, memberikan kuis, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan dari orang tua dan Adapun faktor pendukung yaitu adanya guru PAI yang kreatif, adanya buku dan fasilitas yang disediakan sekolah.


Keywords


Strategi; Guru PAI; Motivasi Belajar

References


Akhmad Syahid, dan Syamsul Bachri. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16.1 (2019)

Aisyah Khumairah. Peserta Didik Kelas X.3 Putri SMA Negeri 7 Luwu Timur, “Wawancara Di Depan Ruang Guru”, pada hari kamis tanggal 25 Juni 2024

Bunyamin, A. 2023. “Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Anak Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznas Sul-Sel.” QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies 2(1):14–24. doi: https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.237.

Hikmah Karimatul, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Al-Maufi Jatirejo Tempurejo Kabupaten Jember” (Jatirejo:Jember 2022).

Faza Muhammad Shohibul, Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik (Kediri: Vol. 11 No. 1: Transformasi Pendidikan dan Hukum Islam Pasca Pandemi, 2022).

Iswandi M.Fazar “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMPN 1 Tapaktua” (Tapaktua: Aceh Selatan, 2021).

M. Fazar Iswandi “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran PAI SMPN 1 Tapaktua” (Tapaktua:Aceh Selatan, 2021).

Mohamad Syarif Sumantri, Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar,Cet 1. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015).

Nasution Wahyudin Nur, Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam,(Medan: Perdana Publishing, 2018)

Santi. Guru Mata Pelajaran PAI SMA Negeri 7 Luwu Timur, “Wawancara Di Depan Ruang Guru”, pada hari kamis tanggal 24 Juni 2024

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2022).

Syahid, A., & Bachri, S. 2019. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16(1). doi: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v16i1.3.

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar,(Depok:PT Rajagrafindo Persada, 2016)

Widyastuti, N., & Salim, H. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik Di SMPN 1 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2022/2023.” Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zain, M. 2017. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Dan Pemilihan Bahan Ajar.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 6(1):172–78.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.1135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel