Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Indrawati Indrawati, Muh Aidil Sudarmono R, Martini Martini

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui faktor rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dan (2) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas III MI Yaa Bunayya Fathul Khair. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah Peserta didik kelas III yang terdiri  dari 23 peserta didik dan seorang pendidik pengajar mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas III di MI Yaa Bunayya Fathul Khair. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di MI Yaa Bunayya Fathul Khair ditemukan bahwa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dari peserta didik secara internal adalah kurangnya perhatian peserta didik pada saat mengikuti pelajaran, sedangkan secara eksternal disebabkan oleh lingkungan sekolah. Untuk mengatasi hal ini, upaya yang telah dilakukan oleh guru MI Yaa Bunayya Fathul Khair diantaranya memberi angka atau penilaian dari hasil belajar peserta didik, memberi ulangan, memberi pujian,  memberi hadiah baik berupa benda maupun pujian dan apresiasi), menciptakan suasana yang berkompetisi (dengan cara membentuk belajar kelompok), dan memberi hukuman

Full Text:

PDF

References


Abshor, A. U. (2022). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlaq Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Karakter Siswa. Alim | Journal of Islamic Education, 2(Agustus). https://doi.org/https://doi.org/10.51275/alim.v4n2.265-276

Ayunda, A. Z., Salsabila, U. H., Zuhby, N. El, & Urbaningkrum, S. M. (2021). Peningkatan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Dengan Sistem Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 429–436. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39810

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515

Hidayah, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Yatim Yang Tinggal Di Rumah Dan Yang Tinggal Di Panti Asuhan (Studi Kasus di MAN Wonokromo Bantul). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Junuarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2018). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. JPPK Khatulistiwa, April, 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i2.9025

Kalsum, U. (2018). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Islami Peserta Didik MTs. Guppi Samata Gowa. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 76. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4936

Karim, B. A., & Ansar, A. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. ELJOUR: Education and Learning Journal, 3(1), 19. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.136

Nugroho, M. D. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri 1 Kediri. IAIN Kediri.

Syarifa, H. (2021). Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas III MIN 27 Aceh Besar. UIN Ar-Raniry.

Uno, H. B. (2018). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Nurdin, M. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. PT. Bumi Aksara.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal TAUJIH, 14(01), 78–90. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309

Zulmi, Rosmiati, & Nengsi, R. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ELJOUR: Education & Learning Journal, 4(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel