Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII Tahfidz Qur’an 2 di MTs Negeri 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Tahfidz Qur’an 2 MTs Negeri 1 Kota Makassar dengan jumlah 40 peserta didik yang terdiri dari 20 laki-laki dan 20 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Nilai rata-rata pretest peserta didik sebesar 77,9, nilai rata-rata post-test pada siklus I meningkat 84,25, dan meningkat lagi di nilai rata-rata post-test pada siklus II yaitu 92,63. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan setelah diterapkan model pembelajaran scramble dalam proses pembelajaran.
Keywords
References
Alif Syaichu Rohman. (2012). Minat Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII MTsN Ariyojeding Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012, Skripsi tidak diterbitkan, 39.
Ana Sudijono. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers, 40-41.
Andri Kurniawan. (2022). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. PT Global Eksekutif Teknologi, h.1
Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media, 23.
Departement Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama, 1712.
Firdaus,M., & Chairunisa,F. (2021). Belajar Sambil Bekerja dan Beker Sambil Belajar (Cet,1_. Deepublish.
Indra Nanda. (2021). “Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif”.CV.Adanu Abimata,4.
Rijal Firdaus. (2016). Desain Instrument Pengukuran Afektif. CV.Anugrah Utama Raharja,18.
Saidah. (2016). Pengantar Pendidikan. Rajawali Pers, 1.
Sitti Sayani Dama. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menyusun Teks Biografi Yang Urut dan Logis di MTs Aisyiyah Sungguminasa”. Universitas Muhammadiyah Makassar,41.
Sri Siti Memunah. (2019). “Penerapan Model Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa”, Primaria Educationem Journal, Vol.2 No.1, 79.
Sudirman. (2016) Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 9.
Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksar, 299.
Sukardi. (2010). Metedologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara,79.
Syifa S. Mukrimaa. (2014) Metode belajar dan pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia, 166.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.286
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0