Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Menggunakan Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar

Sefriana Sefriana

Abstract


Proses pembelajaran saat ini masih monoton dan guru masih menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika pada kelas II B di MIN 2 Makassar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas II melalui penerapan model pembelajaran tematik dengan metode pembelajaran yang menyenangkan di kelas II B MIN 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas II B. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika pada kelas II B di MIN 2 Makassar. Observasi menunjukkan peningkatan dalam domain afektif dan psikomotorik siswa, sementara hasil ujian akhir pada akhir setiap siklus menunjukkan peningkatan persentase hasil belajar kognitif dari 70% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik dengan metode pembelajaran yang menyenangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II B di MIN 2 Makassar.

References


Al, Sanjaya Et. 2019. “Pengaruh Metode Fun Learning Pada Pembelajaran Gamolan Terhadap Hasil Belajara Peserta Didik.” Concept and Communication null(23): 301–16.

Alwahidi, Ahmad Azmi et al. 2021. “Optimalisasi Minat Belajar Dengan Metode Fun Learning Pada Era New Normal Di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(2).

Dewi, Listiana, and Endang Fauziati. 2021. “Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3(2): 163–74.

Hariadi, Dedi, Fira Lutfiana, Aulia Abdiana, and Aulia Qatrinnada. 2022. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Model Pembelajaran Tematik.” Armala: Jurnal Pendidikan dan Sastra Arab 3(2): 22–43.

Machali, Imam. 2022. “Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ?” 1(2).

Muhyidin, Muhammad. 2020. “Metode Pendidikan Islam Dalam Prespektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Maidah Ayat 67, Surat An-Nahl Ayat 125 Dan Surat Al-Ahzab Ayat 21).” Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: 152.

Munawwaroh, Lailatul. 2022. “Pembelajaran Tematik (Telaah Kritis Metodologi Pendidikan Islam).” Journal Of Islamic Education 2(1): 98–114.

Nengsi, Ratika, Abdul Malik, and Andi Fadilah A Natsir. 2021. “Analisis Perilaku Peserta Didik Slow Learner (Studi Kasus Di MTsN Makassar).” Education and Learning Journal 2(1): 49.

Nisaul Choiroh. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/ E-Learning Dalam Pandangan Siswa.” Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nurfitriana. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning Terhadap Minat Belajar Ipa Bagi Siswa Kelas V Di Mi Bahrul Ulum Pallangga Kabupaten Gowa.”

Pemerintah Indonesia. 2021. “Peraturan Pemerintah R I Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Standar Nasional Pendidikan (102501): 1–49.

Rahayu Fitri. 2020. “Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Tematik Online.” Tarbawiyah.

Rukminingsih, Gunawan Adnan, and Mohammad Adnan Latief. 2020. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.

Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Education and Learning Journal 1(1): 1.

Tasya, Nabillah, and Agus Prasetyo Abadi. 2019. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Sesiomedika: 660–62.

Wijaya, Baron Adi. 2023. “Dampak Perubahan Pola Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Efektivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Tahun 2021-2022.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 6(1): 54–60.

Yulinda, Nina. 2017. “Penerapan Metode Fun Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas Ib Sdn 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial 6(2): 127–35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel