Efektivitas Metode Pembelajaran Concept Mapping terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqhi

Maulana Imam Al Mulki, Ahmad Hakim, Surani Surani

Abstract


Penelitian ini berjudul “Efektivitas Metode Pembelajaran Pemetaan Konsep Terhadap Motivasi Peserta Didik Kelas XI IPS 3 Pada Mata Pelajaran Fiqhi Di MAN 2 Kota Makassar”. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Concept Mapping efektif terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqhi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Mixed Method, yaitu metode penggabuan dua metode penelitian, kualitatif dan metode kuantitatif dalam satu penelitian. penelitian campuran fokus pada pengumpulan (collecting), analisis (analyzing), dan campuran data kualitatif dan kuantitatif dalam satu studi tunggal.Metode yang dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode lainnya, metode yang kurang dominan hanya menyajikan sebagai pelengkap sebagai data tambahan. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus Mean (rata-rata) dan terakhir dirumuskan dengan menggunakan standar acuan efektivitas Litbang.Dari penelitian yang dilakukan di kelas XI IPS 3 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Makassar memperoleh hasil penelitian keefektifan metode pembelajaran concept mapping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran fiqhi berdasarkan nilai rata-rata angket 72,52 berada dirasio antara 60 -79,99 dengan tingkat kemampuan yang cukup efektif. 

Keywords


Concept Mapping; Motivasi Belajar; Pelajaran Fiqhi

References


Amin, L. Y. S. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer (LPPM Universitas Islam 45 Bekasi (ed.); 1st ed.). LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.

Aulia, D., & Syahid, A. (2022). Journal of Gurutta Education (JGE). 2.

Badar Ibnu Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran (Jefry (ed.); 2nd ed.). Prenada Media Grup.

Chairani, N. (2018). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah sumatera utara medan 2018.

Fajarwati, I., Syahid, A., & Wahab, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2(2), 67–73.

Fathurrohman, Pupuh, M. S. S. (2014). Strategi Belajar Mengajar (Redaksi Refika Aditama (ed.); 6th ed.). PT Refika Aditama.

Hidayatul, M. A. (2019). Penerapan Metode Peta Konsep Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih di MTs MIFTAHUL HASAN. Universitas Nurul Jadid, 1(Education), 32. https://digilib.unuja.ac.id/index.php?p=show_detail&id=19327

Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Afektif (Madani Pustaka Insan (ed.); 1st ed.). Pustaka Insan Madani.

Huda, A. (2010). Efektifitas Pemanfaatan Media Presentasi Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus di MAN 04 Model Pondok Pinang Jakarta Selatan ). Pendidikan Agama Islam UIN Syarif Hidayatullah, 90.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2007). Undang-undang Republik Indonesia (Grefika Sinar (ed.); 41st ed.). Sinar Grafika.

Parwati Ni Nyoman, I Putu Pasek Suryawana, R. A. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (Pers Rajawali (ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.

Syarif, S. M. (2015). Strategi Pembelajaran (Persada Raja Grafindo (ed.); 1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Usman Moh Uzser. (2019). Menjadi Guru Profesional (Muhtar Rodakarya (ed.); 2nd ed.). Remaja Rodakarya Muhtar.

Widastuti, W., Tahir, M., Fadhilah, A., & Natsir, A. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Flash Card Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. 1(1), 19–28.

Yulita, H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal, 10(1), 106–119. https://doi.org/10.30813/bmj.v10i1.641




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor