Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik kelas
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs GUPPI Samata Gowa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran kedisiplinan guru di MTs GUPPI Samata Gowa. (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs GUPPI Samata Gowa. (3) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs GUPPI Samata Gowa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif, Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 109 peserta didik, teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan persentase kedisiplinan guru berada pada kategori sedang dengan jumlah 59%. Kemudian persentase motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah 62%. Adapun hasil analisis statistik inferensial yang diperoleh dari tabel model summary, terlihat bahwa koefisien determinasi yaitu R square = 0,113, yang berarti bahwa 11,3% motivasi belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan guru. Artinya kedisplinan guru berkontribusi sebesar 11,3% terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs GUPPI Samata Gowa.Â
Â
Keywords
References
Agusniar, E. (2015). Kemampuan Profesional Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sdn 1 Simpang Peut Nagan Raya. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 129. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.590
Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100–121.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi. Bumi Askara.
asep kurniawan. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2).
Iskandar, Askar Jaya, E. al. (2022). Statistik Pendidikan (Teori Dan Aplikasi SPSS). PT. Nasya Expanding Management.
Kusumawati, E. (2021). Pendampingan Dan Pelatihan Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal: Identifikasi Dan Solusi Permasalahan Psikologis Anak Selama Pembelajaranjarak Jauh (Pjj)Kepada Guru-Gurusd Negeri Joho2Sukoharjo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 87–90. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.630
Mathematics, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. November, 1–23.
Nurfadilah, N. (2019). Teori Dan Konsep Peserta Didik Menurut Al-Quran. Eduprof : Islamic Education Journal, 1(2), 13–25. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.16
Nurihsan, A. J. (2012). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling. PT Refkia Aditama.
Pratiwi, A. (2019). Desain dan uji coba media pembelajaran interaktif berbasis learning cycle 7E pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. 1–235.
Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Kencana.
Sugiyono. (20221). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta R&D. Alfabeta.
Syofian siregar. (2017). Metode Penelitian kuantitatif. Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.305
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0