Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII-3 Di SMP YP PGRI Disamakan Makassar
Abstract
Pendidikan pada umumnya adalah untuk membantu mengangkat harkat serta martabat dengan mengoptimalkan dan mengembangkan kemampuan seseorang. Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Game Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII-3 di SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas pra siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-3 yang berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan di SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Berdasarkan hasil penelitian di kelas VIII-3 SMP YP PGRI Disamakan Makassar menggunakan model pembelajaran Game Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hasil belajar peserta didik meningkat jika di lihat dari rata-rata peserta didik pada pra siklus hanya mencapai 70 dengan ketuntasan 26% berada pada kategori Sangat Kurang, siklus I mencapai nilai rata-rata 82 dengan ketuntasan 78% berada pada kategori Baik, dan siklus II mencapai nilai rata-rata 87 dengan ketuntasan 89% termasuk dalam kategori Sangat Baik, sehingga mencapai kategori indikator keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas yang telah ditentukan yaitu 80%-100%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Game Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII-3 di SMP YP PGRI Disamakan Makassar.
Keywords
References
Al Fajri Bahri, dkk. (2022). Evaluasi Program Pendidikan. UMSU Press.
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas; Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Leutika Prio.
Ardika, I. W. (2018). Inovasi Dalam Pembelajaran: Kumpulan Naskah Finalis Inobel dan Juara ONIP Matematika Guru Jembrana 2017. CV Grapena Karya.
Azwardi. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Syiah Kuala University Press.
Hairun, Y. (2020). Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. CV Budi Utama.
Hermita, N. (2021). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Global Aksara Press.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta.
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. CV Jakad Publishing.
Payadnya, I. P. A. A. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). CV Budi Utama.
Ponidi, dkk. (2020). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. CV Adanu Abimata.
Sinar. (2018). Metode Active Learning. CV Budi Utama.
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.309
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0