PENGARUH BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI PRODUK WARDAH PADA MASYARAKAT KABUPATEN LUWU

Suci Nurjaya

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beauty vlogger terhadap minat beli produk wardah pada masyarakat kabupaten luwu dan mengetahui beauty vlogger sebagai media pemasaran ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Responden penelitian ini adalah masyarakat kelurahan larompong kabupaten luwu dengan jumlah sampel 80 responden dengan teknik yang digunakan yaitu purpossive sampling yaitu pengambilan sampel dimana peneliti menentukan sendiri sampel yang akan diambil secara acak dengan tujuan sampel dapat mewakili karakteristik populasi yang diinginkan, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner, studi pustaka / dokumen, dan untuk metode analisis menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa beauty vlogger memiliki pengaruh terhadap minat beli produk wardah pada masyarakat kabupaten luwu hal tersebut dibuktikan dalam meningkatkan minat beli produk wardah menunjukkan nilai probabilitas 0,00 dan t-hitung (5,416) lebih besar dari t-tabel (5,203) yang artinya nilai 5,416 > 5,203 yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, dan peneliti menemukan bahwa beauty vlogger sebagai media pemasaran dalam Islam hukumnya diperbolehkan dalam hal ini beauty vlogger dalam menyampaikan informasinya tidak ada unsur kebohongan, penipuan, kecurangan, merugikan orang lain, dan plagiasi yang bertentangan dengan syariat Islam dalam proses mempromosikan maupun memasarkan produknya, juga telah terpenuhinya syarat empat karakteristik pemasaran syariah yang dapat menjadi panduan bagi pemasar.

 

Kata Kunci: Beauty Vlogger, Minat Beli, Produk Wardah.

 

Abstrak

 

This study aims to determine the effect of beauty vloggers on the interest in buying wardah products in the people of Luwu district and to determine beauty vloggers as a marketing medium from the perspective of Islamic Economics. This research uses quantitative methods. The respondents of this study were the people of Larompong Village, Luwu Regency, with a total sample of 80 respondents. The technique used was purposive sampling, namely sampling where the researcher determined the sample to be taken randomly with the aim that the sample could represent the characteristics of the desired population, while the data collection technique was by questionnaires, literature/document studies, and for the analytical method using simple regression. Based on the results of the study, it was found that beauty vloggers had an influence on interest in buying wardah products in the people of Luwu district. This was proven by increasing interest in buying wardah products showing a probability value of 0.00 and t-count (5.416) greater than t-table (5.203) which means the value of 5.416 > 5.203 which shows Ho is rejected and Ha is accepted, and the researcher found that beauty vloggers as a marketing medium in Islam are legally permissible in this case beauty vloggers in conveying their information do not contain elements of lies, fraud, cheating, harming others, and plagiarism which are contrary to Islamic law in the process of promoting and marketing their products, the four characteristics of sharia marketing have also been fulfilled which can serve as a guide for marketers.



DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel