Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X IPS 2 Di SMA Negeri 3 Maros

Muh Khaidir R. Yahya, Yunus Anwar, Bambang Sampurno, Abdul Wahab

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahuiatingkat keefektifan penerapanamodel pembelajaran quantum learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X IPS 2 di SMA NEGERI 3 MAROS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan terhadap dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, padaasiklus satumdilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi setelah itu dilanjutkan dengan tahap siklus kedua sama dengan tahap siklus pertama siklus kedua ini terdapat juga empat tahap yang dilakukan, maka pada kondisi selanjutnya yaitu kodisi akhir padamtahap ini diharapkan melalui penerapan model pembelajaranmquantum learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas X IPS 2 di SMA Negeri 3 Maros. dengan jumlah peserta didik 32 orang. Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas yang sudah dilaksanakan bahwa PenerapanbModel Pembelajaran Quantum Learning di SMAN 3 Maros pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan lancar sesuai dengan tahapan-tahapan dalam Model Pembelajaran Quantum Learnig yaitu metode TANDUR. Pada siklus I peseta didik sebesar 56,25% dimana nilai peserta didik padamsiklus I terlihat masih ada beberapa peserta didik yang mendapat nilai 45 atau gagal, dimana nilai tersebut didapat melalui pemberian tes yang berbentuk pilihan ganda 20 butir Dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat sebesar 90,65% dimana nilai peserta didik pada siklus II sudah tidak terlihat ada peserta didik yang mendapat nilai 45 atau gagal. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X IPS 2 di SMA NEGERI 3 MAROS.

Keywords


Siklus; Quantum Learning; Hasil Belajar.

References


Ahmadi Rulam. (2016). Pengantar Pendidikan . AR-RUZZ MEDIA.

Febriana Rina. (2019). Evaluasi Pembelajaran . Bumi Aksara.

Junanda Anda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas . DEEPUBLISH.

Malik, A., Purnamasari, P. D., & Syahid, A. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.141

Masliani, S. (2018). PENINGKATAN INTELEGENSI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FUNGSI LOGARITMA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING. MaPan, 6(1), 70–81. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7

Mayang Sari, S., & Zusti Djamaan, E. (n.d.). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Trasferring (REACT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 Padang (Vol. 9).

Rosmiati. (2013). Makna Pendidikan Dalam Menjunjung Nilai-Nilai Budaya dan Hukum Positif Dalam Rangka Menegakkan Akhlak Mulia Bangsa Indonesia. Vol. X(No. 25).

Sekolah, S., Agama, T., Al-Amin, I., & Barat, L. (n.d.). Kebijakan Pendidikan di Era Globalisasi. https://doi.org/10.24853/ma.3

Slameto, S. (2015). IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Soraya, S. (2022). EFEKTIFITAS QUANTUM LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 76–95. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v5i1.1967

Sudaryono. (2017). Matodelogi Penelitian . PT Rajagrafindo Persada .

Sultan, L. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs. ALKHAIRAAT BIROMARU PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. 3(1).

Syahid, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Vol. I(No.1).

Syahrum, & Salim. (2012). Metodelogi Penelitian . Citapustaka Media .

Wahab Abdul. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan di PGMI . Jurnal Al- Basicedu .




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel