Penerapan Metode Active Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII A di SMPIT Darussalam Makassar
Abstract
Metode Active Learning memberdayakan peserta didik agar mampu belajar secara aktif, tidak hanya pasif mendengarkan ceramah dari guru saja, penerapan metode Active Learning ini diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Active Learning dapat meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIIIA di SMPIT Darussalam Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan Metode Active Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, sebelum dilaksanakan tindakan kelas (Prasiklus) persentase motivasi belajar peserta didik sebesar 42,85%. Sedangkan indikator pencapaian keberhasilan keaktifan belajar peserta didik adalah ≥76%. Setelah dilakukan penerapan metode Active Learning pada siklus I keaktifan belajar peserta didik mencapai 68,75% atau berada pada kategori ”sedang”, namun belum mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus II penerapan metode Active Learning meningkat sebesar 88,35% atau mengalami peningkatan sebesar 19,60%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Active Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar Peserta didik.
Keywords
References
Arifprabowo, Tri, dan M. Musfiqon. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Asiza, Nur dan Muhammad Irwan. (2019). Everyone Is a Teacher Here. CV Kaaffah Learning Center.
Departemen Agama RI. (2014). Al-Quran Terjemahan. Sygma Arkanleema.
Fajarwati I, Syahid A, Surani S, Wahab A. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Educ Learn J. 2021;2(2):67. doi:10.33096/eljour.v2i2.95
Farhana, Husna, Awiria, Nurul Muttaqien. (2019 ). Penelitian Tindakan Kelas. Ubharaja.
Fiantika, Feny Rita, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Global Eksekutif Teknologi.
Habibati, Strategi Belajar Megajar.( 2017). Syiah Kuala University Press.
Himaawan, Didik. (2022). Pelaksanaann Metode Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Al-Ghozali Jatibarang Indramayu. Jurnal Vol. 14, No. 1.
Hosini, dkk. (2022). Metode dan Model Pembelajaran untuk Merdeka Belaja. CV Kreator Cerdas Indonesia.
Kanza, Nanda Rizky Fitrian, dkk. (2022). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 9 No 2.
Republik Indonesia. (2013). Peraturan Meteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rukmaningsih. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kela. Bumi Maheswari.
Sani, Abdullah, Ridwan. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tsmart Printing.
Sinar. (2018). Metode Active Learning – Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deephublish.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D). Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.337
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0