Efektivitas Metode Role Playing Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Sitti Humairah, Abdul Wahab, Abdul Wahab, Prabu Rohman, Prabu Rohman

Abstract


Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Metode Role Playing Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Baytul Mukarromah Kabupaten Bone. Metode Role Playing adalah suatu bentuk permainan edukatif yang menjelaskan perasaan, sikap, perilaku, dan nilai-nilai dengan tujuan untuk mendalami perasaan, cara pandang, dan cara berpikir seseorang dengan memainkan peran orang lain. Minat belajar adalah cara konsisten peserta didik dalam menangkap rangsangan atau informasi, mengingat, berpikir dan memecahkan masalah. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang mengkaji mengenai peristiwa-peristiwa penting dan proses peradaban Islam yang memungkinkan terjadinya pengenalan, penghayatan, dan transformasi nilai-nilai peserta didik terhadap ajaran agama Islam yang dituntut dapat membuka bukti-bukti kebenaran pada masa silam Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan metode Role Playing yang dilaksanakan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Baytul Mukarromah Kabupaten Bone. (2) Untuk mengetahui efektivitas metode Role Playing terhadap minat belajar peserta didik di MTs Baytul Mukarromah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 92 peserta didik di MTs Baytul Mukarromah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden dengan menggunakan teknik sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode role playing telah dilaksanakan sebagaimana semestinya. Adapun hasil uji statistik menunjukan bahwa uji hipotesis paired sampel t-test nilai rata-rata Pre test dan Post test mengalami peningkatan, dan nilai signifikansi menunjukan adanya perbedaan minat belajar peserta didik pada metode Role Playing akan tetapi pada pengujian N-gain sebagai upaya menguji efektifitas metode menunjukan skor 43% yang berarti metode yang terlaksana di MTs Baytul Mukarromah Bone efektif akan tetapi masuk dalam kategori rendah.

Keywords


Metode Role Playing;Minat Belajar;Sejarah Kebudayaan Islam

References


Abdul Hadis, N. (2019). Psikologi Pendidikan. Alfabeta.

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMA Negeri 5 Palembang. 87(1,2), 149–200.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Benu, F. L. B. & A. S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Emonomi, Sosiologi, Komunikasi, Administrasi, Pertanian, dan Lainnya. Prenadamedia Group.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Bumi Askara.

Iskandar. (2022). Statistik Pendidikan. PT. Nasya Expanding Management.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Jumanta Hamdayana. (2017). Metodologi Pengajaran.

Miftahul Huda. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Bumi Askara.

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Risnanosanti, Aminol Rosid Abdullah, dkk. (2022). Pengembangan Minat dan Bakat Belajar Peserta Didik. Cv. Literasi Nusantara Abadi.

Rofiq, A., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Bustanul Makmur Genteng. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–11.

Sampurno, B., Ahmad, A., & Belo, S. (2022). Efektifitas Pendidikan dan Dakwah Wasathiyah Melalui Majelis Taklim di Kota Makassar [Studi Pada BKMT Kecamatan Tallo]. Education and Learning Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.131

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Triwiyanto, T. (2017). Pengantar Pendidikan. Bumi Askara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jalutoto

https://revista.sbfoton.org.br/contato/

https://inef.da.upm.es/

situs slot online

toto togel

https://jfs.nfsu.ac.in/

toto slot

judi

bandar togel

https://tabaqdc.com

https://cnalab.uop.gr/contact-us/

https://edificacion.da.upm.es/

https://turningheadskennel.com/about-us/

https://aai.univ-boumerdes.dz/

slot gacor

situs slot

situs mantis88

slot gacor

slot thailand

https://navales.da.upm.es/

slot gacor

slot online

hot51

kangtoto2

https://world.bitharvest.io/

https://ezzing.com/wp-content/

situs toto

toto slot

Slot777

slot777

slot777

https://csdmm.da.upm.es/

situs slot thailand gacor hari ini

data macau

dc slot gacor