PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X.5 DI MAN 2 KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini membehas tentang penerapan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X.5 Man 2 Kota Makassar tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Mengetahui hasil belajar siswa dengan melalui model pembelajaran Role Playing dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X.5 di MAN 2 Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 Siklus. Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen utama yaitu perencenaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hubungan keempat komponen tersebut dipandang sebagai salah satu siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas X.5 dengan Jumlah Peserta didik 39 peserta didik, yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 25 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hail belajar peserta didik setelah diterapkan Penerapan model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X.5. Adapun nilai KKM 80 dan hasil Mean (rata-rata) pada siklus IÂ ialah 71,28 yang mencapai nilai KKM 16 orang dari 39 peserta dengan pressentase 41,02% dalam kategori (Kurang Baik) kemudian siklus II Mean (rata- rata) ialah 92,05, yang mencapai diatas nilai KKM ialah 37 peserta didik dari 39 peserta didik dengan presentase 98,87% dalam kategori (Sangat Baik). Jadi maka dari itu simpulan pada penelitian ini penerapan model role playing mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.5 di Man 2 Kota Makassar.
Â
Â
Keywords
References
Aslan Dan Suhari, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Pontianak: Razia Pustaka, 2018)
Bambang Wiroso, Metode Role Playing Dalam Memerankan Fabel (Jawa Timur: Kun Fayakun, 2021)
Deddy, Mulyadi, Studi Kebijakan Dan Pelayanan Publik (Bandung: Alfabeta, 2012)
Karwono dan Heni Mularsih, Belajar Dan Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2018)
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008)
Manihar Situmorang, Penelitian Tindakan Kelas (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2019)
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019)
NyomanParwati, Belajar Dan Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2018)
Pulungan, J Syayithi, Sejarah Peradaban Islam (Jakarta: Amzah, 2018)
Rijal Firdaus, Desain Instrumen Pengukuran Afekti (Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja, 2016)
Sudjana, Belajar Dan Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2018)
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010)
Susanto, Pudyo, BelajarTuntas (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018)
Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Sinar Grafika, 2005)
Wahab, Tujuan Penerapan Program (Jakarta: Bulan Bintang, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.349
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0