Efektivitas Metode Peer Teaching dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Metode Peer Teaching dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 pada Mata Pelajaran Tahfiz di SMA Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan metode Peer Teaching dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik. (2) Untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan metode Peer Teaching dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat atau pendukung dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik. Efektivitas adalah ukuran yang menyatakan sejauh mana sasaran tujuan (kuantitas, kualitas, dan waktu) telah dicapai dan menunjukkan kesesuaian antara hasil yang dicapai dengan hasil yang diharapkan. Peer Teaching merupakan metode pembelajaran dimana peserta didik mengajar peserta didik lainnya tanpa intervensi langsung dari pendidik pada saat kegiatan tutor berlangsung. Sedangkan kualitas hafalan merupakan mutu atau tingkat baik buruknya suatu hal yang telah dipertahankan dalam ingatan seseorang yang dimana dalam hal ini adalah kualitas hafalan Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan yaitu; penelitian kuantitatif, fokus penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 30 peserta didik dan ditambah satu pendidik. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, wawancara dan dokumentasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t sampel berpasangan dan analisis N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan metoden Peer Teaching di kelas XI MIPA 1 pada mata pelajaran Tahfiz telah dilaksanakan dengan baik. (2) Perolehan data dan hasil analisis yang dilakukan, nilai uji-t sampel berpasangan sebesar <0,01 maka diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Pondok Pesantren Ummul Mukminin ‘Aisyiah Wilayah Sulawesi Selatan sebelum dan setelah menerapkan metode Peer Teaching. Berdasarkan analisis N-Gain dan didapatkan nilai 0,39 yang dimana hal ini menunjukkan bahwa efektivitas metode Peer Teaching dalam meningkatkan kualitas hafalan peserta didik berada pada kategori sedang. (3) Terdapat faktor penghambat pelaksanaan metode Peer Teaching yaitu kurangnya jam pelajaran tahfiz, peserta didik memiliki kesibukan lain sehingga sulit untuk melakukan tutoring, dan peserta didik tidak hadir didalam sekolah ataupun asrama selama beberapa hari. Selain itu, terdapat juga faktor pendukung seperti peserta didik yang sepanjang hari berada didalam lingkungan sekolah, peserta didik yang menjadi tutor benar-benar peserta didik yang merupakan santri khusus Tahfiz yang baik dari segi menghafal dan tajwid sudah memenuhi syarat.
Keywords
References
Hardani, Auliya, N. H., Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, & Ria Rahmatul Istiqomah. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi, Ed.). CV. Pustaka Ilmu Group.
Hermansyah, H., Aras, I., & Harun, F. (2020). Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 95.
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam: Menurut Arah Pendidikan Islam Indonesia. In C. Wijaya (Ed.), LPPPI. LPPPI.
Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. In Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Inanna, Rahmatullah, & Hasan, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek. Tahta Media Group.
Ismail Suardi Wkke, et. al. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media. www.sibuku.com
Oktavia, M., & Teja Prasasty, A. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan ONE Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penilitian (Syahrani, Ed.). Antasari Press.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (E. Munastiwi & H. Ardi, Eds.). Erhaka Utama.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumanti, S. T. (2015). Dasar-Dasar Materi Pendidikan Agama Islam: Untuk Perguruan Tinggi. In PT. Raja Grafindo. RajaGrafindo Persada.
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. In Education and Learning Journal ISSN xxxx-xxxx (Vol. 1, Issue 1).
Wakka, A. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran (Pembahasan Materi, Metode, media dan teknologi pembelajaran). In Education and Learning Journal ISSN xxxx-xxxx (Vol. 1, Issue 1).
Wayan Widana, I., & Putu Lia Muliani, Mp. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media.
Yuliana, E. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dasar.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.364
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0