Pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 32 Buton

Fisnawati Musrif, Rosmiati Rosmiati, Muh. Aidil sudarmono.R sudarmono.R

Abstract


Kemampun membaca Al-Quran Khususnya bagi Peserta didik yang ada di SMP Negeri 32 Buton sangat penting sekali dalam meningkatkan prestasi belajar dibidang studi pendidikan Agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang yang terus berkembang dalam keimanan, ketaqwaannya, berbangsa, dan bernegara, serta untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi Dikatakan penting karena al-Qur’an sebagai salah satu ruang lingkup pendidikan agama Islam menjadi dasar pokok dari materi pendidikan agama Islam. Mengingat begitu pentingnya untuk meningkatkan pelaksanaan ajaran al-Qur’an yang berpengaruh dalam menentukan keberhasilan pembelajaran agama Islam dalam kemampuan membaca al-Qur’an untuk meningkatkan prestasi belajar., maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 32 Buton. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 32 Buton. Dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket dokumentasi dengan menggunakan pengujian validitas reabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji regresi sederhana dan uji hipotesis dengan menggunkan bantuan program computer spss versi 26 for windows.Hasil penelitian diperoleh bahwa, tingkat kemampuan membaca Al-Quran baik sebesar 41% dan diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 sehingga diputuskan menolak H0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variable kemampuan membaca al-Qur’an (X) terhadap prestasi belajar PAI (Y).


Keywords


Kemampuan membaca Al-Quran.

References


Abduloh, Suntoko, Purbangkara, T., & Abisukna, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Annuri, A. (2015). Panduan Tahsin Tilawa Al-Qur’an & Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta Timur.

Husaini, F., Fikri, M., & Syahputra, D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Jaya, I. (2019). penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan (cetakan pe). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Karim, B. A., & Syahid, A. (2023). Interpretation in Character Education Student ( Munasabah approach of the Quran ). 15(2012), 475–486. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2899

Komang, S., & Kadek, A. S. (2020). Instrumen Penelitian. Bali: Mahameru Press.

Nugraha, B. (2022). pengembangan uji Statistik; implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik (cetakan pe). CV. Pradina Pustaka.

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Jl. CemaraNo. 16, Condongcatur.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. andhita. (2020). metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan Eksperimen (cetakan pe). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach (edisi Pert). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS (edisi pert). Jakarta: KENCANA.

Siregar, W. M. (2019). pengaruh pengetahuan audit, kompleksitas dokumen audit, dan pengalaman auditor terhadap audit judgement pada kantor inspektor kabupaten aceh. Sulawesi: Unimal Press.

Swarjana, I. K. (2022). Populasi- sampel Teknik Sampling & Bias dalam penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wakhid Ichsanto, R. W. (2021). Kemampuan Membaca Alquran dan Menghormati Orang Tua dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SMP Surakarta. Cendekia, 15(1), 78–88. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.659.Prestasi

Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel