Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Meli Handayani, Musafir Tahir, Musafir Tahir, Ratika Nengsi, Ratika Nengsi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII B pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti di SMPN 12 Kolaka Utara Kabupaten Kolaka Utara” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Untuk menegtahui pelaksanaan penerapan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VII B SMPN 12 Kolaka Utara. 2). Untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 12 Kolaka Utara.

              Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPN 12 Kolaka Utara Kabupaten Kolaka utara yang berjumlah 28 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi dan hasil wawancara sebagai data primer, serta tes hasil belajar sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII B meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 62 kelas VII B yang artinya pada siklus I ini motivasi belajar peserta didik di kelas VII B termasuk dalam kategori cukup. Dan pada siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 80 yang artinya motivasi belajar peserta didik sudah mencapai kategori baik.


Keywords


Contextual Teaching and Learning; Motivasi Belajar

References


Ismail. (2009). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (ke4 ed.). Semarang: Rasail Media Group.

Kunandar. (2018). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan profesi guru. depok: PT RajaGrafindo Persada.

Mahendra, A, Y. I., Bunyamina, A., & Nengsih, R. (2021). Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar. Education and Learning Journal Vol. 2, No. 1, Januari 2021, Pp. 30-39 E-ISSN 2720-9156, 2(1), 30–39.

Minarti, S. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoritis-Filosofis dan Aplikatif normotif. Jakarta: Amzah.

Muh alimin. (2019). Penelitian tindakan kelas teori dan praktik. Yogyakarta: Ganding pustaka.

Parnawi, A. (2020). pembelajaran tindakan kelas (class action research) (pertama). Yogyakarta: Rajawali G.elang.

Rahmawati, Y., & Harta, I. (2014). Keefektifan Pendekatan Open Ended danCTL ditinjau dari hasil belajar kognitif dan avektif. Jakarta: KENCANA.

Sani, A., & Ridwan. (2016). penelitian tinddakan kelas pengembangan profesi guru. tanggerang: Smart Printing.

Subur. (2015). Pembelajaran nilai moral berbasis kisah. Yogyakarta: Kalimedia.

Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Ilmia Pendidikan Agama Islam, 10(1), 94.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran; Teori dan praktis ditingkat pendidikan dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sumantri, Muhammad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran (pertama). Jakarta: Rajawali Pers.

Suwandi, B. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: bineka cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia. (n.d.). Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 13 ayat 1. sinar grafika.

Widoyoko, S. E. P. (2016). Teknik Penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: pustaka pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel