Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 10 Makassar

Mawar Mawar, Andi Bunyamin, Andi Banna

Abstract


Metode pembelajaran discovery learning merupakan pembelajaran berdasarkan penemuan (inquirybased), konstruktivis dan teori bagaimana belajar. Model pembelajaran yang diberikan kepada siswa memiliki skenario pembelajaran untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Dalam memecahkan masalah mereka; karena ini besifat konstruktivis, para siswa menggunakan pengalaman mereka terlebih dahulu dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagiamana keaktifan serta kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan serta mempertanggung jawabkan tugas yang diberikan sehingga dengan hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 4 di SMAN 10 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 4 di SMAN 10 Makassar dengan jumlah 31 peserta didik yang terdiri 15 laki–laki dan 16 perempuan. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik SMAN 10 Makassar, wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan beberapa pesrta didik XI IPS 4, dan berupa tes awal dan tes akhir bentuk pilihan ganda sebanyak 5 butir soal dan essai 5 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui tiap siklus yang telah dilakukan. nilai rata-rata pre-test peserta didik sebesar 35,5%, nilai rata-rata post-test pada siklus I meningkat yaitu 54,8% dan meningkat lagi di nilai rata-rata post-test pada siklus II yaitu 100%. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkat setelah diterapkannya metode Discovery Learning dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


Penerapan; Discovery Learning; Hasil Belajar

References


Al-Qur’an Al-Karim

Asrofi, A. (2021). Metode Discovery Learning Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (1st ed.). kun Fayakun.

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research Pengembangan kompetensi Guru. CV Pena Persada.

Asrori, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. CV Wacana Prima.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. PT. Bumi Aksara.

Hermawan. (2020). Metode Pembelajaran Discovery Learning (1st ed.). Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Mahendra, A, Y. I., Bunyamina, A., & Nengsih, R. (2021). Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar. Education and Learning Journal Vol. 2, No. 1, Januari 2021, Pp. 30-39 E-ISSN 2720-9156, 2(1), 30–39.

Malik, A. (2020). Penerapan Model PAIKEM dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 50. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.38

Nisya, K. (2019). PTK Jadikan Guru Profesional. Guepedia.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Surani, S., Bahtiar, I., & Assegaf, A. R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(2), 84. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.151

Yulaikawati, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menelaah Teks Prosedur Melalui Model Discovery Learning dengan Strategi Teks. Indocamp.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel