Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 10 Makassar
Abstract
Kooperatif tipe jigsaw merupakan suatu metode pembelajaran adalah kooperatif yang menekankan pada proses kerja berkelompok yang di lakukan oleh para peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagiamana kekatifan serta kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan serta mempertanggung jawabkan tugas yang diberikan sehingga dengan hal tersebut dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Makassar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Makassar dengan jumlah 37 peserta didiks yang terdiri 17 laki – laki dan 20 perempuan. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik SMA Negeri 10 Makassar, wawancara akan dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas XI IPA 4, dan berupa tes awal dan tes akhir bentuk pilihan ganda dan essai sebanyak 10 butir soal masing-masing 5 nomor.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalu siklus yang telah dilakukan. Nilai total pada prasiklus adalah 2.132 dengan rata-rata 57,6, serta presentase 10,9%. Nilai total pada siklus I adalah 2.780 dengan rata-rata 75,1 serta presentase 37,8%. Nilai total pada siklus II adalah 3.193 dengan rata-rata 86,7 serta presentase 100%. Data tersebut membuktikan bahwa setiap siklus mengalami peningkatan dan aktivitas belajar peserta didik kelas XI IPA 4 dapat meningkatkan setelah di terapkan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran.
Keywords
References
Al-Qur’an Al-Karim
Alfitry, S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran. Guepedia.
Ali, A., & Muhdlor, A. Z. (n.d.). Kamus Kontemporer Arab Indonesia. Multi Karya Grafika.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamikan Belajar. Deepublish.
Hermawan. (2020). Metode Pembelajaran Discovery Learning (1st ed.). Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Israk’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Mawadari, Y. (2021). Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Materi Peranan dan Dampak Negatif Informasi dan Komunikasi (K. Fayakun (ed.); 1st ed.). kun Fayakun.
Muljono, P. (2012). Metodologi Penelitian Sosial (1st ed.). IPB Press.
Nilawati. (2022). Penerapan Pembelajaran Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPA (K. Fayakun (ed.); 1st ed.). kun Fayakun.
Safitrhy, E. A. (2018). Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. CV IRDH.
Sanni, R. A. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.
Sukardi. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya (1st ed.). PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.374
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0