Penerapan Metode Tipe Student Team Achievement Division terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik

Marwana M.S Mansyur, Dr. H. Andi Darwangsa S.Ag,. M.A, Dr. Ahmad S.Pd.I ., M.A

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Tipe STAD terhadap peningkatan Aktivitas belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka diadakan penelitian-penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilakukan pada tanggal 15 Mei 2023 yang terdiri dari 2 siklus,dimana pada siklus pertama sebanyak 2x pertemuan dan siklus kedua sebanyak 2x pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan jumlah peserta didik 36 orang. Pengumpulang data dilakukan secarah pengamatan pada saat proses pembelajarang berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat pembelajarang berlangsung ada peningkatan hasil belajar peserta didik dan kualitas pembelajaran ditandai dengan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran berlangsung yang sesuai dengan hasil observasi selama Penelitian tindakan kelas berlangsung (PTK)dari prasiklus,siklus  I ke siklus II dan nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar pada prasiklus yaitu 70 (kurang) terjadi peningkatan pada siklus I yaitu  87 (cukup) dan meningkat  lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 93(Baik) dengan rata-rata peningkatan skor hasil belajar peserta didik pada prasiklus ke siklus I yaitu  31,17% dan siklus  I ke siklus II yaitu  34,53%. Kesimpulannya adalah metode Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A SMP Negeri 19 Makassar.

Keywords


Student Team Assigment Division; Prestasi Belajar; Tipe STAD.

References


Mujazi, (2020), “Pengguna Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Indonesia Sosial Sains: Vol 1, No 5.

Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Wulandari , Innayah, (2022), “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI”. Jurnal Papeda: Vol 4, No 1.

Rukmaningsih, (2020), Metode Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Erhaka Art.

Rusman. (2018). Model Pelatihan . Depok: Penguasa Grafindo Persada.

Rusman, Muhammad. “Gagasan dan Alasan Pelatihan”. Catatan Harian Pendidikan yang Membangkitkan (Vol. VI, No.1, 2017).

Pada saat itu, Sulaiman . Prolog ke Strategi Penelitian. Gowa: Warisan Almaida, 2020.

Sani, Ridwan Abdullah. pendidikan karakter Membentuk Kepribadian Pemuda Muelimi. Jakarta : Bumi Menulis, 2016.

Slavin, Robert. E. (2015). Pelatihan yang Menyenangkan. Bandung: Distributor Nusa Media.

Sugiyono. Teknik Penelitian Instruktif. Pendekatan Kuantitatif, Subyektif dan R&D. Bandung: Kumpulan Surat, 2018.

Suherti, Euis dan Rohimah, Siti Maryam. (2016). Menampilkan Materi untuk Kursus Pelatihan Inkorporasi . Bandung: Pasundan College.

Swarjana, Ketut. Uji Populasi, Metode Penelitian dan Kecenderungan dalam Penelitian. Yogyakarta : Andi, 2022.

Trianto. (2017). Perencanaan Model Pelatihan Imajinatif Berorientasi Moderat dan Berorientasi Konteks . Jakarta: Prenada Media.

Peraturan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Peraturan Sistem Persekolahan Umum No. 2003,. Jakarta: Sinar Grafita 2005.

Hamzah, Uno. “Latihan Dengan Pendekatan PAIKEM, Pelatihan Dinamis Inovatif, Imajinatif, Viable, Iklim Menarik”, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Huda, Miftahul. (2015). Pelatihan yang Menyenangkan. Yogyakarta: Pustaka Latihan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel