strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah ibtidaiyah negri 2 makassar
Abstract
Tujuan penelitian yang akan dicapai pada hakikatnya adalah menjawab pertanyaan yang dikemukakan pada rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan strategi Guru dalam membentuk karakter siswa melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak?, (2) bagaimana efektifitas pembentukan karakter melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negri 2 Makassar?
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomologi. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data di MIN 2 Makassar, ditemukan hasil penelitian strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa melalui wawancara dengan guru adalah (1) pembiasaan, (2) model dan metode, (3) menegakkan disiplin, (4) suri teladan. Bersumber dari penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negri 2 Makassar, pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran aqidah akhlak khususnya kelas V dalam membentuk karakter siswa sudah efektif.
Keywords
References
Arifin Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).
Sari Novitalia Ablinda, Mewujudkan Pendidikan Selamat dan Bahagia (jakarta: SMA Paket C, 2020).
Presiden Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 1, No. 20 tahun 2003).
Kumparan News, 4 kasus siswa lakukan terhadap gurunya disekolah (2018).
At-Tirmidzi (Depok: Gema Insani, 2017).
Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana Perguruan Tinggi Agama/ IAIN, 1986).
Huda Nor, Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019).
Zubaidi, Desain Pendidikan Karakter. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011).
Purwardarminta W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka. 2001).
Munawwir A.W, Kamus Arab-Indonesia Terlengkap. (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997).
Karim Bisyri Abdul, Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu, Vol 1, No.1, 2020.
Ilmah Nurul, Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Mentoring Tarbawi di Sekolah Menengah Islam Pertama Terpadu Al-Fityan School Gowa, Vol 3, No.2, 2022
Subaedah, Aplikasi Strategi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik, Vol 1, No. 1, 2020
Nirwana, Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, “Wawancara”, di ruang kelas V MIN 2 Makassar, Tanggal 1 Juni 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.389
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0