Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 19 Makassar

sahrul nasri, Ahmad Hakim, Prabu Rohman

Abstract


Pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai mutu, baik dalam proses maupun lulusan pendidikan. Proses Pembelajaran juga berpotensi memberikan kontribusi terhadap dampak rendahnya kualitas pendidikan. Artinya pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam melaksanakan atau mengemas proses pembelajaran.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Kolaboratif berarti peneliti berkerjasama dengan guru kelas VIII SMP Negeri 19 Makassar.

Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I sudah memenuhi kriteria, dari 28 peserta didik yang mendapatkan kriteria baik sekali sebanyak  12 peserta didik atau 43% sedangkan peserta didik yang mendapatkan kriteria baik sebanyak  6 peserta didik atau sebesar 21%, dan peserta didik yang mendapat kriteria cukup sebanyak 6 peserta didik atau sebesar 21%. Dan yang mendapat kategori kurang sebanyak 2 orang siswa atau 7%, siswa yang mendapat kategori gagal sebanyak 2 orang siswa atau 7% Sedangkan pada siklus II terdapat 28  peserta didik yang mendapatkan kriteria baik sekali sebanyak 21 peserta didik atau 75% sedangkan peserta didik yang mendapatkan kriteria baik  sebanyak 5 pserta didik atau sebesar 17%, dan peserta didik yang mendapat kriteria cukup sebanyak 1 peserta didik atau sebesar 4%. Dan yang mendapatkan kriteria kurang sebnyak 1 orang siswa atau 4% sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan


Keywords


Penerapan Numbered Head Together Hasil Belajarr

References


hidayat, rahmat. (2019). ilmu pendidikan konsep, teori dan aplikasinya. lembaga peduli pengembangan pendidikan indonesia.

karwono. (2020). strategi pembelajaran dalam profesi keguruan. rajawali pers.

Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 100. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153

ngalimun. (2014). strategi dan model pembelajaran. aswaja pressindo.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran. Rajawali.

Sapriono, A. (2014). Coperatife Learning Teori dan Aplikasinya. Pustaka Pelajar.

sholimin, aris. (2014). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum. ar-ruzz media.

Subyantoro. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Metode, Kaida Penulisan, dan Publikasi. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel