Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Tut Wuri Handayani Makassar

Sulfiana Sulfiana, nur setiawati, Muhammad Syahrul

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran interaktif pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI MIPA di SMA Tut Wuri Handayani Makassar dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media interaktif pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI MIPA di SMA Tut Wuri Handayani Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Tut Wuri Handayani Makassar dengan jumlah 16 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan persentase dan nilai rata-rata (Mean) baik untuk analisis data lembaran aktivitas peserta didik maupun ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dapat meningkatkan keaktifan belajar secara individu maupun dalam berkelompok dengan bantuan media pembelajaran berupa LCD Proyektor, video dan Power Point. Dengan demikian peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang mengalami peningkatan dan semakin membaik. Nilai rata-rata pada pre-test 73,7 dengan persentase 31%, nilai rata-rata post-test pada siklus I yaitu 77,5 dengan pesentase 56,5% dan nilai rata-rata post-test pada siklus II yaitu 82,81 dengan pesentase 87,5%. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami meningkat dan telah memenuhi indikator keberhasil kelas yaitu 80% dengan penggunaan media pembelajaran interaktif.

Keywords


Penerapan; Media Pembelajaran Interaktif; Hasil Belajar;

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajan. Rajawali Pers.

Bunyamin, A., Akil, M., & Hastia. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina akhlak siswa di MAN Gowa. 2, 113.

Husnul Fikri, A. S. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.

Nasional, D. P. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT . Gramedia Pustaka Utama.

Riinawati. (2021). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Thema Publishing.

Rijal firdaus. (2016). Desain instrument pengukuran afektif. CV.Anugrah Utama Raharja.

Rosmiati. (2020). Peranan Supervisi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar. 1, 11.

Sanjaya, W. (2016). Pembelajaran, Media Komunikasi. Prenadamedia Group.

Subyantoro. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers.

Sudaryono. (2017). Metodelogi Pendidikan. PT. Rajagrafindo Persada.

Sudijono, A. (2011). pengantar statistik pendidikan. Rajawali Pers.

Sudirman. (2016). Implementasi Model - Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Suharsimi Arikunto, D. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Syahid, A., & Bachri, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar. 16, 81.

Tambolong, S. (2014). Penelitian Tindak Kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. PT.Geleora Aksara Pratama.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel