Efektivitas Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTS Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Efektivitas Project Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan Project Based Learning kelas VIIIF di Pondok Pesantren Al Urwatul. 2) Efektivitas Project Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas VIIIF mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa. Penggunaan metode pembelajaran ini digunakan karena sebelumnya kondisi peserta didik sudah jenuh dan kurang motivasi belajar akibat metode pembelajaran yang monoton. Penggunaan metode pembelajaran ini juga diterapkan karena tidak adanya keinginan dan dorongan peserta didik untuk berhasil dalam menguasai pelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalasis. Analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Project Based Learning pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah metode Project Based Learning. 2) Penggunaan Project Basd Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sangat efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan rekapitulasi data observasi motivasi belajar peserta didik mencapai 88%. Maka metode Project Based Learning dapat dikatakan sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sesuai dengan tabel kriteria efektif karena mencapai 81%-100%.
Keywords
References
Al Tabani, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013( kurikulum tematik Integratif).
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran saintifik kurikulum 2013.
Farida, N. (2022). Fungsi dan Aplikasi Motivasi dalam Pembelajaran. Education and Learning Journal, 2(2), 118. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.133
Faturrahman. (2014). Model Pembelajaran Inovatif.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.
Rosmiati, R. (2020). Peranan Supervisi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Kota Makassar. Education and Learning Journal, 1(1), 10. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.33
Saat, Sulaiman; Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian.
Sampurno, B., Ahmad, A., & Belo, S. (2022). Efektifitas Pendidikan dan Dakwah Wasathiyah Melalui Majelis Taklim di Kota Makassar [Studi Pada BKMT Kecamatan Tallo]. Education and Learning Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.131
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.
Sitoyo, Sandu; Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan.
Suryana, I. (2019). Ice Breaker.
Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Zulmi, Nengsi, R., & History, A. (2023). Education and Learning Journal Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4(2), 1–9. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i2.214http://jurnal.fai@umi.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.398
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0