Penerapan Model Kooperatif Group Investigation Dalam meningkatkan Prestasi Belajar PAI

Annisaaul Magfirah Salamun, Abdul Wahab abdulwahab, Bambang Sampurno Bambang sampurno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Kelas V di SD Negeri Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berinteraksi satu sama lain adalah Gorup Investigation. Model pembelajaran ini adalah peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, dapat bekerja sama dalam kelompok, saling bertanggung jawab diberikan tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Bontomaero II Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa dengan jumlah 34 peserta. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata 64,19 dengan persentase ketuntasan belajar 24% kemudian pada siklus I dengan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 75,88 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 30%, dan nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,23 dan persentase ketuntasan prestasi belajar 82%. Data tersebut membuktikan bahwa dengan penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Keywords


Penerapan, Group Investigation, Prestasi Belajar

References


Amin. (2022). Model Pembelajaran Kontemporer. Yogyakarta: Pusat Penerbitan LPPM.

Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Feidah Noorlaila Isti’adah. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu

Publihsher.

Hamzah B Uno. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran Aspek Yang Mempengaruhi. Jakarta

Bumi Aksara.

Karwono. (2020). Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruan. Depok: Rajawali Pers.

Mahendra, Y. I., Bunyamin, A., & Nengsih, R. (2021). Education and Learning Journal Pengaruh

Metode Hypnolearning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS.

Darussalam Impa-Impa. 2(1), 30–39.

Miftahu Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Isu-Isu Metodes Dan

Paragdigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustofa Abi Hamid. (2020). Media Pembelajaran, Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita

Menulis.

Noor, M. (2019). Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang:ALPRIN.

Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.

Sampurno, B., Ahmad, A., & Belo, S. (2022). Efektifitas Pendidikan dan Dakwah Wasathiyah

Melalui Majelis Taklim di Kota Makassar [Studi Pada BKMT Kecamatan Tallo]. Education

and Learning Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.131

Sugiani. (2022). Group InvestigationModel Pembelajaran Masa Kini. Lombok Tengah: Yayasan

Insan Cendekia Indonesia Raya.

Suhartono. (2021). Group Investigation Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran.

Lamongan: Academia Publication.

Syahid, A., Aidil Sudarmono, M. R., Inzi Widana, T., & Kunci, K. (2023). Education and Learning

Journal Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement

Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 4 C MIN

Kota Makassar INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4(1), 64–73.

https://doi.org/10.33096/eljour.v4i1.203

Trianto. (2010). Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan,

Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel