Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII.1 MTsN 1 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.1 MTsN 1 Kota Makassar. 2) Efektivitas Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.1 MTsN 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunaakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan di analisis deskriptif presentase, analisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan saat observasi langsung. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.1 MTsN 1 Kota Makassar, a) Pembuka, guru mengucapkan salam dan doa kemudian mengisi daftar hadir dan memberikan motivasi kepada peserta didik, serta menyampaikan tujuan pembelajaran dan lingkup materi, b). Penyajian, guru menjelaskan materi menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, c). Penutup, guru dan siswa menyampaikan kesimpulan kemudian guru memberikan umpan baik kepada peserta didik terkait materi yang telah di sampaikan dan menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam. 2) Efektivitas Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.1 MTsN 1 Kota Makassar dikategorikan efektif yang berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara.
Â
Keywords
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga
Bunyamin, A., & Darmawangsa, A. (2022). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 1 Kota Makassar. Journal of Gurutta Education, 1. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/970%0Ahttps://pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/download/970/1046
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2). http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Febrianto, Anto. 2022. Strategi Pembelajaran Membangun Efektivitas Belajar Siswa. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Karwono dan heni mularsih. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Mustami, M. K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aynat Publishing Saat, Sulaiman dan
Sanjaya, Wina. 2020. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sidiq, U. dan M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. CV.Nata Karya.
Sitti Mania. 2020. Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa: Pusaka Almaida.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran; Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. PT. Raja Grafindo Persada.
Surani, S., & Pilo, N. (2020). Pengaruh Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi terhadap Kinerja Guru (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Makassar). Education and Learning Journal, 1(2), 137. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.71
Syafaruddin, Asrul dan Mesiono. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.410
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0