Implementasi mata pelajaran aswaja terhadap pembentukan karakter peserta didik di madrasah aliyah an-nahdlah makassar
Abstract
Pendidikan merupakan wahana yang tepat dalam membentuk manusia seutuhnya, di dalamnya terdapat berabagai macam keunggulan dalam membentuk manusia seutuhnya, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Pendidikan karakter menjadi sebuah solusi ditengah moral remaja pada saat ini, sekolah berlomba-lomba memberikan servis ekstra guna mencapai tujuan pendidikan nasional. Termasuk sekolah-sekolah yang bernaung dan afiliasi dengan NU (Nahdhatul Ulama) dengan keunikannya NU memiliki ciri khusus dalam membentuk karakter peserta didik, yaitu dengan di wajibkannya mata pelajaran Aswaja dalam setiap tingkatan sekolah. Tulisan ini membahas dan memfokuskan mata pelajaran Aswaja sebagai salah satu solusi alternatif pendidikan karakter.
Dengan metode kualitatif peneliti mengarahkan tujuan penelitian terhadap implementasi mata pelajaran Aswaja, sehingga terkumpul suatu kesimpulan kesimpulan yang menjawab dari beberapa pertanyaan penelitian. Metode kualitatif menurut penulis sangat tepat di gunakan, di karenakan metode ini merupakan yang berpijak dari natural atau kondisi alami tanpa adanya rekayasa.
Pendidikan Aswaja secara umum memiliki poin atau nilai pokok yang menjadi ciri khas Aswaja, pertama, Ta’awun (tolong menolong), kedua, Tawasuth ( moderat), ketiga, I’tidal (percaya diri), keempat, Tasamuh (toleransi). Ke empat nilai tersebut sangat mewarnai dari pendidikan Aswaja. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mempelajari hal tersebut.
References
Anwar Rifa’I, Sucihatiningsih Dian, M.Y.A.(2017). Pembentukan Karakter Nasionalisme melalui Pembelajaran Pendidikan Aswaja pada Siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. Jurnal Of Educational Studies
Hasan, S., Rahman, A., Bunyamin, A., & Hasibuddin, H. (2021). Management of Character Education at Al-Fityan Integrated Islamic Elementary School, Gowa and Al-Biruni Mandiri Makassar Integrated Islamic elementary school: A multi-case study. Internatonal journal of multicultural and multireligious understanding, 8(7),66.
Imam Gunawan.(2017). Metode penelitian kualitatif Teori dan Praktik Jakarta: PT.Bumi Aksara
Marzuki (2015).Pendidikan Karakter Islam . AMZAH
Natsir, A. F., & Laelah, A. (2023). Pendidikan Pembelajaran Agama Islam Sebagai Karakter dalam Membentuk Kepribadian Siswa yang Islami. Journal on Education, 5(3), 8640-8651.
Rosmiati, R., & Syahid, A. (2022). Model of Character Education as an Effort to Prevent Crime and Demoralization of Student in Makassar City. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 9(2), 209-228.
Wahyu Egi Widayat, D.(2019) Penguatan Aswaja Annahdliyah Melalui Literasi Kampus, Semarang: CV.Pilar Nusantara
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.412
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0