pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di smp negeri 18 lau kabupaten maros

fitriani naba

Abstract


Skripsi ini membahas mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 18 lau Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. (2) untuk mengetahui gambaran prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. (3) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros .Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik yang berjumlah 318 peserta didik, teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket dalam melengkapi data penelitian. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan persentase kompetensi pedagogik guru berada pada kategori sedang dengan jumlah 85%. Kemudian persentase prestasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan jumlah 65%. Adapun hasil analisis statistik inferensial yang diperoleh dari tabel model summary, terlihat bahwa koefisien determinasi yaitu R square = 0,881, yang berarti bahwa 88,1% prestasi belajar dipengaruhi oleh kompetensi pedagogic guru. Artinya kompetensi pedagogic guru berkontribusi sebesar 88,1% terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros.


References


Febriana,Rina, Kompetensi Guru. Cet, I (Jakarta: Bumi Aksara,2019),

Rosyid Zaiful Prestasi Belajar. Cet I, (Malang, literasi Nusantara, Januari 2019)

Rosyid Zaiful Prestasi Belajar. Cet I, (Malang, literasi Nusantara, Januari 2019)

Republik Indonesia, “Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional” dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (cet, IV; Yogyakarta: Grha Guru,2012),

Rahma Zariatul , Hubungan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di SMA Negeri Banda Aceh,(2019),

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta R&D,

Suyanto, Ph.D. menjadi guru professional (Jakarta, September 2013).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta R&D, (Bandung:alfabeta,2021)

Sutirna, Landasan kependidikan Teori dan Praktik, Cet,II (Bandung, 11 september 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel