Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Percakapan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab Siswa
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan menggunakan data deskriftif kualitatif. Adapun data dari skripsi diperoleh dari data primer dan data skunder. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai rata-rata peserta didik pada siklus I adalah 72.70 dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 22 yaitu 66.6% dan peserta didik yang tidak tuntas 8 orang yaitu 33.3% sementara pada siklus II nilai rata-rata peserta didik dengan jumlah peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 29 orang dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas adalah 2 orang peserta didik. Dengan ini menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan Metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu dari 66.66% dan akhirnya menjadi 91.66%.
Keywords
References
Aman, M. (2021). Bahasa Arab Dan Bahasa Al-Qur’an. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 3(1).
Astrini, N. N. T., Sumantri, M., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 86–95.
Damhuri, D., & Bahri, R. B. H. (2021). ANALISIS TERM AL-LAGW DAN AL-LISAN: TELAAH KONSEP BAHASA DALAM KONTEKS AL-QUR’AN. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 18(2), 84–101.
Departemen Agama RI. (2018). Al-Quran dan Terjemahanya.
Genitri, W. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Perkembangan makluk hidup Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas, VI SDN 11.
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Jabbar, M. A., Kahar, F., & Wahyudin, W. (2022). Penggunaan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Kelas X MA Al-Ikhlas Labunti Raha Sulawesi Tenggara. Education and Learning Journal, 3(2), 108–116.
Juhrani, M. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERCAKAPAN BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 3 AL-FURQAN BANJARMASIN. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 2(1), 1701–1713.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Safitri, A. (2014). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Sudarmono, Mu. A., Wahab, A., & Azhar, M. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 162–170.
Sudjono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Syahlan, J., & Machlina, A. (2022). The Development Of The Meaning Of Absorption Words From The Arabic Language Into The Indonesian Language. Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE), 4(1), 73–93.
Yunus, M. (2017). Implementasi nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran pendidikan agama islam. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 166–187.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.415
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0