Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MIPA4 SMA Negeri 02 BOMBANA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagiamana kekatifan serta kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah yang disajikan sehingga dengan hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 02 Bombana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4 SMAN 02 Bombana dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrument yang dipakai adalah observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap peserta didik kelas XI MIPA4 SMAN 02 Bombana dan tes berupa tes awal dan tes akhir bentuk pilihan ganda sebanyak 10-20 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Dengan indikator keberhasilan sebanyak 75%, nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 66,5 dengan presentase 42%, nilai rata-rata post-test pada siklus I yaitu 66,9 dengan presentase 45% dan nilai rata-rata post-test pada siklus II yaitu 82,0 dengan presentase 87,0%. Data tersebut membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan dan telah memenuhi indikator keberhasilan kelas yaitu 75% dengan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB).
Â
Keywords
References
Julia Purba, F. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Makassar, D., Pembelajaran, S., & Belajar, P. (2020). Aplikasi Strategi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. 1(1), 34–39.
Mudlofir, A., & Rusydiah, E. F. (2013). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. PT. RajaGrafindo Persada. https://www.google.co.id/books/edition/Desain_Pembelajaran_Inovatif_dari_Teori/8vodEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Model_Model_Pembelajaran/ptjuDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Panggabean, S. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menuis.
Rosmiati. (2013). Makna Pendidikan dalam Menjunjung Nilai-Nilai Budaya dan Hukum Positif dalam Rangka Menegakkan Akhlak Mulia Bangsa Indonesia (Studi Kajian Empiris terhadap Perubahan Sosial bagi warga Belajar). Ilmiah Islamic Resources, 10, 1.
Sudjino, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan (R. G. Persada (ed.)).
Susilo, H., Husnul, C., & Dwita Sari, Y. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Bayu Media Publishing.
Suyadi. (2020). Panduan Penelitian Tindakan Kelas (10th ed.). Diva Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.419
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0