Strategi Pengelolaan Kelas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas dan untuk mengetahui faktor penghambat dan penunjang dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 1 Liukang Tupabbiring, Kepualuan Pangkep. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikann Agama Islam dan peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Liukang Tupasbbiring yang terdiri dari 27 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dimulai dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di temukan bahwa Strategi pengelolaan kelas yang diterapkan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 1 Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep, meliputi: Pengelolaan kelas secara fisik (penataan kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk, pengaturan suhu dan cahaya) dan pengelolaan kelas secara nonfisik (menciptakan hubungan yang baik dengan peserta didik, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memberikan pujian dan nilai, serta memberikan teguran, hukuman, dan pembinaan khusus kepada peserta didik yang bermasalah. Dengan strategi pengelolaan kelas tersebut maka dapat dikatakan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan antusias, keaktifan dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, peserta didik yang malas ke sekolah pun perlahan mulai meninggalkan kebiasaannya dan berusaha untuk tetap mengikuti proses pembelajaran dengan adanya kebijakan dan dukungan dari guru dan pihak sekolah.
Keywords
References
Bedjo Sujanto. (2018). Pengelolaan Sekolah Permasalahan dan Solusi. PT Bumi Aksara.
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2). http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401
Hardani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Group Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.
Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta : Kencana Persada MediaGroup.
Kementrian Agama RI. (2021). Al-Qur’an dan Terjemahnya. PT AlQosbah Karya Indonesia.
Minsih, dan A. G. (2018). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6
Raehana, S., & Syahrul, M. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri ’ dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(1), 1–7.
Sadirman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.
Sieberer-Nagler, K. (2015). Effective Classroom-Management & Positive Teaching. English Language Teaching, 9(1), 163. https://doi.org/10.5539/elt.v9n1p163
Subaedah, D. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas …. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD …, 4(1), 64–73. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=81076
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Surani, S., Saputri, A., & Mustamin, M. (2022). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Education and Learning Journal, 3(1), 45. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.149
Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32
Umar Bukhari. (2012). Hadist Tarbawi: Pendidikan Dalam Perspektif hadist. Amzahal.
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.428
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0