Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Media Audio Visual tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo.”Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh media audio visual dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo. 2) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo. 3) Hubungan pengaruh pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo.
Media audio visual adalah alat bantu yang terdiri dari media visual yang disinkronkan dengan media audio sehingga memungkinkan terjadinya komonikasi dua arah. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji validitas,reabilitas deskripsi data dan uji prasyarat, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian variabel media audio visual (X) dalam hasil penelitian berada pada kategori sedang. Diperoleh nilai rata-rata (M) sebesar 81,32. Dan nilai tersebut berpusat pada kategori sedang karena berada pada rentang nilai 75-88. Sedangkan hasil penelitian variabel hasil belajar (Y) diperoleh nilai rata-rata (M) media audio visual sebesar 76,50 dan berpusat pada kategori sedang, karena berada pada rentang nilai 70-84. Dan variabel media audio visual (X 48,7%.) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y) sebesar 0,487 atau 48,7%. Artinya variabel media audio visual (X) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 48,7.
Keywords
References
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4).
Hendriana, H., Afrilianto, M., & Sumayyah, D. (2014). Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: suatu karya tulis ilmiah.
Nuryadi, N., Astuti, T. D., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statstk Penelitan. Sibuku Media.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31–36.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113.
Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Antasari Press.
Khasanah, U. (2021). Analisis Regresi. UAD PRESS.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.
Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46.
Malik, A., Wahyuni, Y. S., & Rohman, P. (2023). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Quridha Ilmi Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju. Education and Learning Journal, 4(1), 18–25.
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.
Peace, G. R., Visel, J., & Sibarani, H. F. B. (2018). Pengaruh pemberian insentif terhadap efektivitas kerja karyawan pada server pulsa easytronik srb ponsel tanjung morawa. Journal of Management Science (JMAS), 1(2, April), 41–46.
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., Abdurachman, J., & Damayanti, D. (2016). Media pembelajaran. CV. Nurani.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397.
Tolere, A. B., Iskandarsyah, M. Y., & Ansar, A. (2023). Strategi Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Digital 4.0. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 36–45.
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).
Winarno, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian. Malang. UNIVERSITAS.
Yuandari, E., & Rahman, R. T. A. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Bogor: In Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.432
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0