strategi guru PAI dalam menghadapi peserta didik malas belajar kelas V di MI Darul Istiqamah Topoyo kabupaten mamuju tengah
Abstract
Sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama dalam lembaga pendidikan yang pluralis harus mampu melakukan pendekatan-pendekatan pembelajaran agar menarik perhatian siswa, sehingga mereka memiliki semangat untuk mengikuti pembelajaran. Memahami pendekatan pembelajaran adalah salah satu syarat untuk menjadi seorang guru, seperti pendapat diatas bahwa seorang guru harus memiliki kemampuan memilih dan menggunakan metode belajar yang tepat guna, yaitu yang sesuai dengan, tujuan, materi, karakteristik peserta didik, situasi dan kondisi yang dihadapi.
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui : 1) langkah strategis Guru PAI dalam menghadapi peserta didik yang malas belajar. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Guru PAI serta siswa kelas V di MI Darul Istiqamah Topoyo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dana pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 2) faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan strategi menghadapi peserta didik yang malas belajar. 1) Strategi Guru PAI di MI Darul Istiqamah Topoyo dalam menghadapi peserta didik malas belajar menggunakan pendekatan individual, kolaboratif, dan inklusif. 2) Faktor pendukung guru PAI di MI Darul Istiqamah dalam mengatasai peserta didik yang malas belajar mencakup menciptakan lingkungan belajar yang positif, menggunakan pendekatan pembelajaran yang variatif, menekankan relevansi materi, dan mendorong kolaborasi serta diskusi di kelas. Sementara itu, Faktor penghambat guru PAI di MI Darul Istiqamah dalam mengatasai peserta didik yang malas belajar mencakup ketidakminatan siswa terhadap mata pelajaran PAI, kurangnya motivasi, Pemahaman yang rendah terhadap materi PAI dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa.
Keywords
References
Rahmat Hidayat (2019) ilmu Pendidikan : konsep, Teori dan aplikasinya
Taufiqurokman (2016) manajemen strategik, ilmu sosial dan ilmu politik
Mu’awanah (2011) strategi pembelajaran (pedoman untuk guru dan calon guru)
Suwaibatul Aslamiyah (2017) strategi guru dalam penyelesaian problematika pembelajaran
Ridwan Abdul Sani (2019) strategi belajar mengajar
Teguh Triwiyanto pengantar pendidikan
Ima wahyu putri utami (2018) pengantar pendidikan
Syarifan nurjan (2016) psikologi belajar edisi revisi Asrori, teguh triwiyanto, pengantar Pendidikan
Hidayanti (2011) faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar kognitif pada mata pelajaran ekonomi lintas minat di SMA
Warif, muhammad (2019) strategi guru kelas dalam menghadapi peserta didik yang malas belajar
Kementrian agama RI (2016). Al-Qur’an dan terjemahannya
Fajrin M (2017) metode Pendidikan dalam
Ahmad sopian (2022) tugas, peran, dan fungsi guru dalam Pendidikan
Ahyar (2017) metode penelitian kualitatif dan kuantitatif Sugiyono (2018) metode penelitian pendidikan
Suharsini arikunto (2013) prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik
Munirah (2018) peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa TARBAWI : Jurnal Pendidikan agama islam
Vol 3, No. 2. https :// scholar. google.co.id.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.435
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0