Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MAN Tana Toraja

Ram Lia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas X MAN Tana Toraja, 2) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran fiqih.                                                                            Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Guru Fikih, Wakil Kepala sekolah Kurikulum, Peserta didik kelas X.                                                                                          Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik berjalan dengan baik sebagaimana yang sudah di rancang dalam kurikulum dan di terapkan oleh guru fikih pada proses pembelajaran. Adapun faktor pendukung dari pelaksanaan manajemen pembelajrana yaitu: meberikan motivasi semangat di awal pembelajaran, motivasi untuk menguasai materi, ketekunan dalam mengerjakan tugas.Sedangkan faktor penghambat yaitu: krakter siswa yang bervariasi, materi tertentu yang kurang dipahami, sarana prasarana yang belum memadahi


Keywords


Manajemen Pembelajaran, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Fiqih

References


Abdullah Sani. Ridwan. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Cet. I: Tanggerang ; Tsmart Printing.

Andi Rasyid Pananrangi. 2017. Manajemen Pendidikan. Makassar:Celebe Media Perkasa.

Badaruddin Achmad, 2015. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Konseling Klasikal, Malang: Cv abe kreatifindo.

Daryanto, 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Titik Lestari. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Seolah Dasar. Yogyakarta:Deepublish.

Engkoswara dan Aan Komaria.2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rohiat.2010. Manajemen Sekolah, Bandung: Refika Aditama.

Saefullah.2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Salim dan Syahrun.2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sawendra Wayan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan dan Kebudayaan. Bali: Nilacarka

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, entrepretif, interaktif, dan konstruksi”, Cet. IV. Bandeng: Alfabeta.

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian Populer dan Praktis, Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel