Penerapan Model Scramble dalam Meningkatkan Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model scramble dalam meningkatkan kosakata (Mufradat) bahasa arab kelas VII 8 di MTsN 2 Makassar dan bagaimana peningkatan kosakata bahasa Arab setelah menggunakan model scramble. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII 8 MTsN 2 Makassar pada mata pelajaran bahasa Arab.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kosakata peserta didik mulai dari pra siklus, siklus I dan Siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai peserta didik 62,58 (Pra siklus), meningkat menjadi 72,09 (Siklus I), dan meningkat lagi menjadi 85,64 (Siklus II). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Scramble dapat meningkatkan kosakata (mufradat) Bahasa Arab peserta didik.Keywords
References
Al Ghozali, M. D. H., & Mathoriyah, L. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang. Jurnal Education and Development, 8(4), 89. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2090/1089
Ansar, Isnaeni, S., Julia, & Hafida, N. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.235
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. 1(1), 46–54.
Fika Magfira Tungkagi, Ibadurrahman Ali, Y. K. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Iain Sultan Amai Gorontalo. Al-Fakkaar, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854
Islamiyah, I. (2023). Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dan Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 22(1), 55–66. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v22i1.5082
Maftukhah, Aceng Jaelani, D. A. (2022). Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia. Indonesian Journal Of Elementary Education (IJEE), 3(1), 54–68. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ijee/article/view/11157/pdf_26
Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., Khansa, S., & Afifa. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan …, 1(1), 28–35. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040/494
Pilo, N. (2019). Pemikiran Pendidikan K.H. Muhammad Hasyim Asy’Ari. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 205. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.31
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166–5180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072
Rahayu, P., Tinggi, S., Islam, A., & Lampung, N. U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan E-Learning. Al-Fathin, 03.
Robiansyah, D., Vatullah, R., & ... (2022). Pengaruh Scramble Berbasis IT Dalam Meningkatkan Pemahaman Tarakib Nahwiyyah. Justek: Jurnal Sains …, 5(2), 234–242. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/11765%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/download/11765/pdf
Rosmiati, R. (2023). Model Pembelajaran Kontruktivistik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kota Makassar. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 859–865. https://doi.org/10.29210/020232211
Wahyudin, N. H. (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab dengan Penerapan Model PAIKEM Berbasis Permainan Bahasa pada Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(2), 93–103. https://doi.org/10.33096/jiir.v19i2.182
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.449
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0