Penerapan Model Scramble dalam Meningkatkan Kosakata (Mufradat) Bahasa Arab

ria ariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model scramble dalam meningkatkan kosakata (Mufradat) bahasa arab kelas VII 8 di MTsN 2 Makassar dan bagaimana peningkatan kosakata bahasa Arab setelah menggunakan model scramble. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII 8 MTsN 2 Makassar pada mata pelajaran bahasa Arab.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kosakata peserta didik mulai dari pra siklus, siklus I dan Siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai peserta didik 62,58 (Pra siklus), meningkat menjadi 72,09 (Siklus I), dan meningkat lagi menjadi 85,64 (Siklus II). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Scramble dapat meningkatkan kosakata (mufradat) Bahasa Arab peserta didik.

Keywords


Model Scrambel, Kosakata, Bahasa Arab

References


Al Ghozali, M. D. H., & Mathoriyah, L. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang. Jurnal Education and Development, 8(4), 89. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2090/1089

Ansar, Isnaeni, S., Julia, & Hafida, N. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.235

Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. 1(1), 46–54.

Fika Magfira Tungkagi, Ibadurrahman Ali, Y. K. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Iain Sultan Amai Gorontalo. Al-Fakkaar, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854

Islamiyah, I. (2023). Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dan Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Menghafal Kosakata Bahasa Arab. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 22(1), 55–66. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v22i1.5082

Maftukhah, Aceng Jaelani, D. A. (2022). Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia. Indonesian Journal Of Elementary Education (IJEE), 3(1), 54–68. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ijee/article/view/11157/pdf_26

Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., Khansa, S., & Afifa. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan …, 1(1), 28–35. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040/494

Pilo, N. (2019). Pemikiran Pendidikan K.H. Muhammad Hasyim Asy’Ari. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 205. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.31

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166–5180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072

Rahayu, P., Tinggi, S., Islam, A., & Lampung, N. U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan E-Learning. Al-Fathin, 03.

Robiansyah, D., Vatullah, R., & ... (2022). Pengaruh Scramble Berbasis IT Dalam Meningkatkan Pemahaman Tarakib Nahwiyyah. Justek: Jurnal Sains …, 5(2), 234–242. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/11765%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/download/11765/pdf

Rosmiati, R. (2023). Model Pembelajaran Kontruktivistik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kota Makassar. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(2), 859–865. https://doi.org/10.29210/020232211

Wahyudin, N. H. (2022). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab dengan Penerapan Model PAIKEM Berbasis Permainan Bahasa pada Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(2), 93–103. https://doi.org/10.33096/jiir.v19i2.182




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel