Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Al-Muttaqiem Kota Makassar

St. Mutiah Ainayyah, Musafir Tahir, Ahmad Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Al-Muttaqiem Kota Makassar, efektifitas komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar peserta didik di SMP Al-Muttaqiem Kota Makassar, serta faktor-faktor penghambat guru dalam proses komunikasi interpersonal kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang terkumpul kemudian di seleksi dan di analisis deskriptif presentase, analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan di SMP Al-Muttaqiem Kota Makassar menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Al-Muttaqiem Makassar sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari kedekatan antara guru PAI dan peserta didik. Efektivitas komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dikategorikan efektif. Dengan adanya beberapa indikator pembuktian yaitu dari hasil observasi yang digunakan untuk mengukur keefektifan komunikasi interpersonal guru dengan hasil mencapai 78% dan untuk mengukur motivasi belajar peserta didik maka digunakan angket dengan hasil mencapai 76% maka hal tersebut dapat dikatakan efektif. Faktor-faktor penghambat guru dalam proses komunikasi interpersonal kepada peserta didik yaitu adanya noise atau gangguan berupa kegaduhan di dalam kelas maupun di luar kelas seperti ribut pada saat pelajaran berlangsung, faktor malas ke sekolah sehingga terhambat penyampaian pesan yang ingin disampaikan guru ke peserta didik tersebut.

Keywords


Efektivitas; Komunikasi Interpersonal; Motivasi Belajar

References


Anggung, M., Prasetyo, M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25–39. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Fajarwati, I., Syahid, A., Surani, S., & Wahab, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 2(2), 67. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.95

Firmansyah, M. I. (2019). 01_PENDIDIKAN_AGAMA_ISLAM,_PENGERTIAN,_TUJUAN,_DASAR,_DAN_FUNGSI.

H. Abd. Rahim Mansyur. (2021). Education and Learning Journal Komunikasi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Jaringan (DARING). 2(1), 1–9. http://jurnal.fai@umi.ac.id

Kartini, Syarwani Ahmad, S. E. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru.

Kusman, M., & Pendidikan. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. https://doi.org/10.24235/ath.v%vi%i.5170

Mannan, A. (2019). ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI KEPADA DOSEN MELALUI SMARTPHONE.

Maulinda, D., & Aslinda, C. (2022). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Pengguna Facebook dalam Memotivasi Prestasi Anak di Desa Sedinginan. Journal of Social Media and Message Juni, 1(1), 47–60.

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). JIBK UNDIKSHA Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Muh. Aidil Sudarmono, A. W. A. (2020). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR BACA TULIS Al-QUR’AN. 17(2), 162–170.

Nita Et.al. (2023). Pentingnya ilmu komunikasi pada era 4.0. CV. Sinar Jaya Berseri.

Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam PelaksanaanPembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR, KLATEN, JAWA TENGAH.

Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Riyadhi Sultan, A., Setiawati, N., Hasriani, A., & Kunci, K. (2021). Peran Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 36 Makassar INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 18(2).

SAPUTRA, S. (2020). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP GROUP. In Jurnal Professional FIS UNIVED (Vol. 7, Issue 1). https://news.google.com/covid19,

Sareong, I. P., & Supartini, T. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 29. https://doi.org/10.25278/jitpk.v1i1.466




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel