Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetens pedagogik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran SKI di MTsN 1 Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetens profesional terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran SKI di MTsN 1 Kota Makassa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTsN 1 Kota Makassar yang berjumlah 400 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 responden dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesonal terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Makassar secara parsial adalah: (1) variabel kompetensi pedagogik diperoleh nilah signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (7,167) > ttabel (2,039) artinya secara parsial terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Makassar. (2) variabel kompetensi profesional di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05 dan nilai thitung (5,667) > ttabel (2,039) artinya secara parsial terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Makassar. Adapun pengaruh secara simultan di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai Fhitung (12,85)>Ftabel (3,305) hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesonal terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Makassar. Variabel independen berpengaruh sebesar 62,2% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 37, 8 di pengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Keywords
References
Almira Keumala Ulfah. (2022). Ragam Analisis DataPenelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan). IAIN Madura Press.
Benu, F. L. B. & A. S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Emonomi, Sosiologi, Komunikasi, Administrasi, Pertanian, dan Lainnya. Prenadamedia Group.
Burhan Bugin. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Firdaus. (2021). Metodologi Penleitian Kuantitatif (I). DOTPLUS Publishe.
Hamid, M. (2019). Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25. CV. Sefa Bumi Persada.
Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (I). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Mustamin, Martini, Abdul Wahab, M. A. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-. 2(1), 1–7.
Nikolous Duli. (2019). No Title (1st ed.). Deepublish.
Riyanto, S. dan A. A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (I). Deepublish.
Sudaryono. (2021). Statistika Probabilitas (I). Andi.
Syahid dan Syamsul Bachri. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi dan Budaya Organisasi Terhadap KIinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, Vol.16 No., 84. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources/article/view/3/8
Syofian siregar. (2017). Metode Penelitian kuantitatif. Kencana.
Syofian Siregar. (2013). Statistik Parametrik Untuk penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara.
Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40–48.
Wahid Tahir, Yunus. (2022). Reorientasi Proesionalisme Guru Di Era Globalisasi dalam Perspektf Islam. Journal Ilmiah Islamic Resources, Vol.19, No, 218. https://jurnal.fai.umi.ac.id/
Wahid Tahir, B. (2023). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Pendidikan Terhadap Prestasi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Sulawesi Selatan. Education and Learning Journal, Vol. 4, No, 28. https://jurnal.fai.umi.ac.id/
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.452
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN: 2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0