Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VIII.2 Di MTsN 1 Kota Makassar
Abstract
media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesandengan harapan komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang disampaikan dapat diterima utuh oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Penggunaan media yang tepat akan mempermudah dalam menerima dan memahami pembelajaran, sehingga hal ini diprediksikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pretasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII.2 di MTsN 1 Makassar dan faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran audio visual.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang berusaha membuat deskripsi atau gambaran dan fenomena yang diselidiki dengan cara membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang diperoleh selama ppenelitian. Sedangkan teknik penelitian yang peneliti gunakan yaitu : observasi,wawancara,angket, serta dokumentasi.
Adapun hasil yang diperoleh dari peneliti yang menulis adalah efektifitas penggunaan media audio visual mempunyai tingkat efektivitas yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil jawaban siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 89% dan hasil wawancara menunjukkan siswa menyukai dan mempermudah mereka memahami pelajaran SKI menggunakan media pembelajaran audio visual.
Keywords
References
Aida, L. N., Maryam, D., Agami, S. D., & Fuwaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-44.
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran (Tri Putri Wahyuni (ed.); I).
Dan, M., & Pembelajaran, T. (2012). No Title (1st ed.). IAIN Antasari Press.
Danizar, A., & Surabaya, U. N. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS XI Danizar Arwudarachman Wayan Setiadarma Marsudi Abstrak. 03(03), 237–243.
Fajarwati, I., Syahid, A., Surani, S., & Wahab, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 2(2), 67. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.95
Ikhsan, N. I., Irfani, F., & Ibdalsyah, I. (2022). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Badru Tamam. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 899–917. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i4.1006
Majalaya, K., Azahrah, F. R., Afrinaldi, R., & Karawang, U. S. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.5209565
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Nafiah, H. (2013). Hidayatun Nafiah. עלון ×”× ×•×˜×¢, 66(1997), 37–39.
Nengsih, R., Novianti R.S, I., & Hakim, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII 6 Di SMP Negeri 7 Makassar. Education and Learning Journal, 3(2), 100. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.153
Ningsih, S. A. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PANGKEP. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Rahimi, R. (2021). Konsep Media Pembelajaran Dalam Perspektif Alquran. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(2), 87–101. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i2.228
Raudatussolihah, B. (2022). Pengembangan Teknologi Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 3(1), 53. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.150
subaedah. (2020). Aplikasi Strategi Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. 1(1), 34–39.
sugiyono. (2020). Uji validitas penelitian kuantitatif. 21–28.
Wakka, A. (2020). Petunjuk Al-Qur’an Tentang Belajar Dan Pembelajaran (Pembahasan Materi, Metode, Media dan Teknologi Pembelajaran). Education and Learning Journal, 1(1), 82–92.
DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v%25vi%25i.455
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:
___________________________________________________________
Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN:2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0