Penerapan Metode Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesera Didik Kelas VB pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Kapasa Kota Makassar

Mutmainna Zulkipli, Ilyas Thahir, Muh Azhar Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Kapasa Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif yang didukung data kuantitaif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VB SD Negeri Kapasa yang berjumlah 33 orang dan 1 orang guru mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase hasil belajar peserta didik pada pada siklus I dengan KKM 75, jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 21 orang dengan persentase sebesar 63,6% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase sebesar 36,4%. Adapun pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase sebesar 93,9% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 oarng dengan persentase sebesar 6,1%. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VB pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Kapasa Kota Makassar.

Keywords


Teams Game Tournament; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam

References


Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Astari, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Tournament ( Tgt ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sisw Pada Kelas V Di Mi Al-Fajar Pringsewu Tahun Pelajaran 2016 / 2017.

Bagja Sulfemi, W., & Setianingsih. (2018). Penggunaan Tames Games Tournament (Tgt) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 1–14. http:ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jkse

Hanifah, G. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 25–35.

Hasnah, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Induksi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN Bontang. 19(2). https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/islamicresources/article/view/184/148

Maghfiroh, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Bantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Nafisah, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 146/IX Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi. 21(1), 1–9.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Putra, D. A., Refdinal, R., Edidas, E., & Fadhilah, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 895–904. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1200

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Surani, S., Bahtiar, I., & Assegaf, A. R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII C pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Education and Learning Journal, 3(2), 84. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.151

Syahid, A., & Bachri, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Education and Learning Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.32

Taniredja, T., Pujiati, I., & Nyata, S. (2010). Penelitian tindakan kelas: untuk pengembangan profesi guru praktik, praktis, dan mudah.

Winarto, J. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Kompetensi Pedagogik. Jakarta : Kemendikbud, 52.

Zakaria, Y. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas …. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD …, 4(1), 64–73. http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=81076




DOI: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v1i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/https://rsp.unri.ac.id/stats/ikanarwana/https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/


Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam indexed by:

___________________________________________________________

Mujaddid: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Islam
ISSN2987-7148
Published by: Fakultas Agama Islam
Alamat: Gedung Fakultas Agama Islam Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Web: http://jurnal.fai.umi.ac.id/
Email: mujaddid@umi.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

SLOT88

https://warta-gereja.com/

slot gacor toto Devil138 Daftar Devil138 Login Devil138 Ninja138 omtogel